tingginya curah hujan di lokasi selama beberapa hari terakhir yang membuat tanggul tidak cukup menampung debit air
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyelesaikan penanganan genangan di Jalan Tol Jakarta-Tangerang tepatnya di Simpang Susun (SS) Bitung Km 26 sehingga akses keluar atau exit Bitung di jalan tol tersebut telah kembali normal.

"Saat ini akses keluar Bitung telah dibuka dan beroperasi normal kembali sejak pukul 21.10 WIB, sedangkan akses masuk dari Bitung menuju arah Cikupa masih dalam proses pembersihan lajur untuk segera dibuka kembali," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa malam.

Menurut Heru, genangan di SS Bitung terjadi akibat tingginya debit air yang mengalir dari saluran-saluran di sekitar SS Bitung menuju kolam retensi Bitung dan tingginya curah hujan di lokasi selama beberapa hari terakhir yang membuat tanggul tidak cukup menampung debit.

Jasa Marga melakukan sejumlah penanganan antara lain dengan memfungsikan tiga pompa submersible eksisting berkapasitas 40 liter/detik, 30 liter/detik dan 20 liter/detik serta tambahan 5 unit pompa dengan kapasitas masing-masing 80 liter/detik, termasuk bantuan pompa dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane.

Jasa Marga juga kemudian melakukan pemasangan sandbag yang diberi lapisan terpal untuk menahan limpasan air, melakukan penutupan sementara akses masuk & keluar Bitung di Km 26 selama proses penanganan genangan dan melakukan pembersihan lajur serta pengamanan arus lalu lintas di lokasi pasca genangan.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas).

Sebelumnya Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek langsung kondisi jalan di Exit Tol Bitung pada yang ditutup karena adanya genangan banjir

Istiono menyebut polantas telah mengalihkan lalu lintas ke Exit Tol Cikupa untuk sementara waktu.

Selain itu, pihaknya juga meminta para pengguna jalan tol untuk mematuhi arahan petugas di lokasi.

Menurut dia, banjir di Exit Tol Bitung membuat antrean kendaraan. Oleh karena itu, pihaknya mengalihkan jalur ke arah Pasar Cikupa.
Baca juga: Terendam genangan, Kakorlantas cek Exit Tol Bitung Tangerang
Baca juga: Wali Kota Arief: Banjir Periuk akibat sedimentasi Sungai Cirarab

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021