KORMI OKU lestarikan olahraga tradional

KORMI OKU lestarikan olahraga tradional

Pengurus KORMI OKU bermain Cak Ingkling di GOR Baturaja, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

“Tahap awal ini kami bernostalgia untuk seluruh pengurus sebagai bentuk melestarikannya. Tujuannya, agar permainan tradisional ini tetap terjaga sampai kapan pun dan tidak hilang karena zaman,”
Baturaja (ANTARA) - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berupaya melestarikan olahraga tradisional Cak Ingkling agar tidak hilang ditelan zaman.

Ketua KORMI Ogan Komering Ulu (OKU), Rakhmat Saleh di Baturaja, Rabu menuturkan selama ini olahraga Cak Ingkling telah dilupakan khususnya di kalangan generasi muda.

Oleh sebab itu, pihaknya kembali memperkenalkan olahraga tersebut sebagai wadah menghidupkan permainan tradisional yang sudah mulai tergerus oleh zaman.

“Tahap awal ini kami bernostalgia untuk seluruh pengurus sebagai bentuk melestarikannya. Tujuannya, agar permainan tradisional ini tetap terjaga sampai kapan pun dan tidak hilang karena zaman,” katanya.

Rakhmat menjelaskan, olahraga Cak Ingkling merupakan permainan tradisional anak perempuan dan laki-laki dengan jumlah pemainnya paling banyak enam orang.

Setiap pemain harus memiliki pecahan keramik atau lempengan tipis yang akan dilempar ke kotak permainan yang berjumlah enam kotak.

Ditambahkan Rakhmat, permainan ini banyak ditemukan di daerah lain dengan nama yang sama ataupun berbeda.

Permainan ini sering dimainkan pada waktu senggang di sore hari di halaman rumah penduduk atau dimainkan oleh anak-anak untuk mengisi waktu istirahat di sekolah.

Program ke depan, KORMI OKU akan menggalakkan permainan tradisional ke sekolah maupun ke kantor-kantor di wilayah setempat.

"Jadi orang tanpa disadari bermain sambil olahraga. Permainan ini bisa dilakukan oleh semua umur," ujarnya.

Baca juga: Kalteng juarai festival olahraga tradisional 2020 Portina
Baca juga: Portina targetkan lengkapi 34 pengprov dalam triwulan pertama 2021
Baca juga: Babel tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Nasional
Baca juga: Banten juara umum Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019 di Bantul

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pelajar Babel tampilkan permainan olahraga tradisional dalam PKN daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar