Olimpiade

Brisbane disebut-sebut calon kuat tuan rumah Olimpiade 2032

Brisbane disebut-sebut calon kuat tuan rumah Olimpiade 2032

Salah satu sudut kota Brisbane di Australia. (visitbrisbane.com.au)

Jakarta (ANTARA) - Brisbane di Australia telah dipilih sebagai mitra pilihan untuk memulai pembicaraan bagi ketuanrumahan Olimpiade 2032, kata Komite Olimpiade Internasional (IOC), Kamis. Ini menjadi langkah pertama guna ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade sehingga Reuters menyebut kota ini calon kuat tuan rumah Olimpiade edisi tahun itu.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan IOC telah menyetujui rekomendasi dari komisi yang bertanggung jawab untuk calon tuan rumah Olimpiade mendatang tersebut.

"Komisi ini merekomendasikan kepada Dewan Eksekutif IOC agar mengadakan dialog tersasar dengan Brisbane 2032. Dewan Eksekutif dengan suara bulat telah menyetujui rekomendasi ini," kata Bach dalam konferensi pers virtual.

Baca juga: Australia kembali bekerja hadapi bidding tuan rumah Olimpiade 2032
Baca juga: PM Australia dekati Presiden IOC demi bidding Olimpiade 2032


Sejumlah kota dan negara telah secara terbuka mengutarakan minat menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 termasuk Brisbane, Indonesia, Budapest, China, Doha dan lembah Ruhr Jerman.

Pada 2019, IOC merombak aturan lamaran menjadi tuan rumah Olimpiade guna mengurangi biaya dan mempermudah proses ketuanrumahan Olimpiade bagi kota-kota calon penyelenggara. Tidak ada kota kandidat resmi yang berkampanye menjelang pemungutan suara seperti terjadi di masa lalu.

Baca juga: Pemaparan Jakarta untuk tuan rumah Olimpiade 2032 meyakinkan IOC
Baca juga: Dua kota "pedas" China bersaing jadi tuan rumah Olimpiade 2032

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tokyo peringati 100 hari jelang gelaran Olimpiade

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar