Jakarta (ANTARA) - Manchester City menang meyakinkan 2-0 atas Borussia Moenchengladbach dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Rabu waktu setempat.

Bernardo Silva dan Gabriel Jesus mencetak gol-gol kemenangan yang menjadi modal penting bagi City menjelang leg kedua yang akan dimainkan dua pekan lagi, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sejak awal laga, Gladbach lebih banyak disibukkan menggalang pertahanan termasuk ketika Matthias Ginter menghalau tembakan Raheem Sterling pada menit keenam.

Baca juga: Sterling: Guardiola tanamkan mentalitas juara di Manchester City

Pada menit ke-27, Sterling mengajukan protes meminta hadiah tendangan penalti setelah Ramy Bensebaini berusaha menjegal bola di dalam area terlarang, tetapi wasit Artur Manuel Soares Dias mengabaikan tuntutan tersebut.

Dua menit kemudian, City akhirnya membuka keunggulan saat Silva berdiri dalam posisi yang tepat untuk menyambut umpan silang Joao Cancelo dengan tandukan tajam yang tak mampu dihentikan kiper Yann Sommer.

Keunggulan 1-0 City tak bertambah hingga turun minum setelah Gladbach menebalkan barisan pertahanannya dan hal serupa terlihat pada awal babak kedua ketika mereka menggagalkan peluang Phil Foden dan Jesus.

Baca juga: Marco Rose tinggalkan Gladbach untuk latih Dortmund musim depan

Gladbach memperoleh peluang jarang-jarang pada menit ke-60 namun sayang umpan kiriman Denis Zakaria terlalu deras untuk dikejar Alassane Plea dan bisa diamankan oleh kiper Ederson Moraes.

Lima menit kemudian, City justru berhasil menggandakan keunggulan ketika Silva kembali menyambut umpan silang Cancelo di area tiang jauh, tetapi kali ini dia mengirimkan sundulannya ke arah Jesus yang mencocornya di muka gawang.

City berusaha menambah marjin keunggulan tetapi tembakan voli Foden melambung tipis di atas mistar gawang dan sepakan Riyad Mahrez mudah diamankan Sommer.

Pada injury time, Gladbach hampir memperoleh gol penting untuk bekal leg kedua mereka, tetapi Ederson mampu melakukan penyelamatan gemilang untuk mementahkan peluang Hannes Wolf.

Baca juga: Pendukung Atalanta bandel tetap berkerumun jelang lawan Real
Baca juga: Tuchel puji sikap profesionalisme Giroud setelah jadi pahlawan Chelsea
Baca juga: Bayern buktikan status juara bertahan saat hajar Lazio 4-1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021