Jepang akan akhiri kedaruratan di 5 wilayah pada akhir bulan

Jepang akan akhiri kedaruratan di 5 wilayah pada akhir bulan

Peserta mengikuti latihan inokulasi tiruan saat Jepang mempersiapkan kampanye vaksinasi virus corona (COVID-19) di sebuah tempat olahraga kampus di Kawasaki, bagian selatan Tokyo, Jepang, Rabu (27/1/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/HP/djo)

Tokyo (ANTARA) - Pemerintah Jepang akan mengakhiri keadaan darurat di lima wilayah (prefektur) di barat Tokyo pada akhir bulan ini, seminggu lebih awal dari yang dijadwalkan, kantor berita Kyodo melaporkan pada Kamis.

Wilayah Osaka, Kyoto, Hyogo, Aichi, dan Gifu semuanya akan mencabut tindakan darurat pandemi virus corona, kata Kyodo mengutip sumber-sumber pemerintah.

Meskipun kasus COVID-19 harian telah menurun secara nasional setelah memuncak pada awal Januari, Tokyo dan sembilan wilayah lainnya masih dalam keadaan darurat untuk mencegah munculnya kembali infeksi.

Tindakan darurat saat ini akan berakhir di lima wilayah pada 7 Maret.

Lima wilayah lainnya dalam keadaan darurat adalah Tokyo dan tetangganya Kanagawa, Saitama dan Chiba di daerah Kanto serta wilayah di barat daya Fukuoka.

Pemerintah belum memutuskan apakah akan mengakhiri keadaan darurat di Fukuoka pada akhir bulan, tergantung pada ketersediaan tempat tidur rumah sakit di wilayah tersebut, kata Kyodo.

Jepang mencatat 1.065 kasus baru COVID-19 pada pukul 18:30 waktu setempat (1130 GMT) pada Kamis, kata penyiar nasional NHK, jauh di bawah puncak hampir 8.000 pada 8 Januari.

Sumber: Reuters

Baca juga: Olimpiade Tokyo bukan bagian dari program vaksinasi di Jepang

Baca juga: Kasus COVID Jepang turun, otoritas regional minta akhiri kedaruratan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tokyo peringati 100 hari jelang gelaran Olimpiade

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar