Sidamanik-Simarjarunjung-Tigaras wisata andalan di Simalungun

Sidamanik-Simarjarunjung-Tigaras wisata andalan di Simalungun

Pengunjung dengan latar belakang hamparan tanaman teh di Sidamanik, Kabupaten Simalungun. (ANTARA/Waristo)

Simalungun (ANTARA) - Kawasan Sidamanik, Simarjarunjung dan Tigaras di wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menjadi paket andalan untuk mendatangkan wisatawan ke Danau Toba..

Sekretaris Daerah Simalungun Mixnon Andreas Simamora di Simalungun, Kamis, mengatakan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tagar BeliKreatifDanauToba diharapkan semakin memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya.

Titik-titik tempat wisata yang bermuara ke Danau Toba, ramai dikunjungi, apalagi pada masa akhir pekan dan hari-hari liburan, membludak.

Sejuk dan segarnya air pegunungan di Kolam Bah Damanik, percikan air terjun Bah Biak, hijaunya hamparan pohon teh di Kecamatan Sidamanik dan Pematang Sidamanik.

Kalau di Kecamatan Dolok Pardamean, ada Bukit Simarjarunjung dengan panorama Danau Toba dilengkapi berbagai fasilitas untuk swafoto, sehingga menjadi kenangan abadi.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan air Danau Toba, cukup dengan menelusuri jalanan menurun perbukitan untuk sampai ke Tigaras.

Asyiknya, selama dalam perjalanan, mata pengunjung dimanjakan dengan hamparan lahan pertanian. Tanaman padi, jagung, jahe, durian, coklat, teh.

Panorama yang indah, tiupan angin dan udara yang segar didukung dengan kondisi ruas jalan yang mulus, menjadi alasan pengunjung datang. Meski berkali-kali.

Pemerintah Kabupaten Simalungun terus berupaya mengembangkan pariwisata kawasan Parapat dan tempat lainnya yang layak sebagai pendukung.

Selain panorama, ada produk unggul pelaku usaha mikro mengengah "Kopi Sabass" yang menjadi ciri khas kearifan lokal dan sudah dikenal luas sampai ke mancanegara.

"Kita bangga dengan kreasi masyarakat setempat," ujar Sekretaris Daerah Mixnon Andreas Simamora.

#Gernas BBI
#BeliKreatifDanauToba
Baca juga: Bandara Silangit siap topang UMKM dan pariwisata Danau Toba
Baca juga: Pembangunan infrastruktur dukung destinasi Danau Toba menakjubkan
Baca juga: Digitalisasi artisan di tepian Danau Toba

 

Pewarta: Juraidi dan wairisto
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

30 Menit - Cara Wamen Angela poles 200 artisan Danau Toba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar