Khofifah lantik Gus Ipul jadi Wali Kota Pasuruan

Khofifah lantik Gus Ipul jadi Wali Kota Pasuruan

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) menyematkan tanda sebagai wali kota di sela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai Wali Kota Pasuruan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (26/02/2021). ANTARA/Biro Adm Pimpinan/FA.

Di sini ada Gus Ipul yang lebih tahu. Buktinya tanda pin di seragam-nya lebih banyak dari saya. Ini membuktikan perjuangan beliau sudah panjang
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi Wali Kota Pasuruan masa bakti 2021-2024 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wali Kota Pasuruan dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Gus Ipul dalam sumpahnya yang dipimpin Khofifah.

Gus Ipul dilantik sebagai orang nomor satu di Pemkot Pasuruan bersama Adi Wibowo, yang merupakan pasangannya pada Pilkada Serentak 2020.

Selain pasangan Wali Kota Pasuruan dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Gubernur secara serentak juga melantik pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Blitar, Bupati-Wakil Bupati Jember, Bupati-Wakil Bupati Malang, Bupati-Wakil Bupati Blitar, dan Bupati-Wakil Bupati Mojokerto.

Proses pelantikan dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah dan pakta integritas oleh pasangan kepala daerah, serta Gubernur Jatim.

Baca juga: 17 kepala daerah di Jatim dilantik hari ini

Baca juga: Ridwan Kamil lantik lima kepala daerah Pilkada Serentak 2020 di Jabar


Berikutnya, prosesinya adalah pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan dan penyerahan petikan surat keputusan oleh gubernur ke para pasangan kepala daerah.

Gus Ipul yang mantan Wagub Jatim merupakan pesaing Khofifah  pada Pilkada Jatim 2019. Gus Ipul saat itu berpasangan dengan Puti Guntur Soekarnoputri, sementara Khofifah berpasangan dengan Emil Dardak.

Sementara itu, Gubernur Khofifah dalam sambutannya berharap sinergitas antarpemerintah kabupaten/kota, termasuk dengan Pemprov Jatim sehingga tercipta kolaborasi demi kemajuan daerah.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga berpesan kepala daerah menggalakkan gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia.

"Pemerintah daerah menyiapkan paket wisata demi memberikan daya tarik wisatawan, lalu merumuskannya dan dikaitkan maksimalisasi seluruh energi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),"tutur-nya.

Mantan Menteri Sosial tersebut lalu menyebut nama Gus Ipul karena dinilai lebih detil memahami pemberdayaan UMKM.

"Di sini ada Gus Ipul yang lebih tahu. Buktinya tanda pin di seragam-nya lebih banyak dari saya. Ini membuktikan perjuangan beliau sudah panjang," katanya disambut tepuk tangan undangan.

"Bupati/Wali Kota kalau mau cari mentor, tidak perlu susah-susah, sebab salah satu yang dilantik adalah 'Top Mentor'," ujar Khofifah menambahkan.

Setelah pelantikan kepala daerah, di tempat sama juga dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketua TP PKK dan Dekranasda enam kabupaten/kota yang dipimpin Ketua TP PKK dan Dekranasda Jatim Arumi Bachsin.

Baca juga: Pelantikan 7 kepala daerah di Lampung terapkan prokes ketat

Baca juga: Pelantikan kepala daerah lancar indikator sukses Pilkada 2020

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar