Bupati Sleman prioritaskan program kepentingan masyarakat saat pandemi

Bupati Sleman prioritaskan program kepentingan masyarakat saat pandemi

Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sleman. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman/am.

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyatakan siap melaksanakan program yang memprioritaskan kepentingan masyarakat, terutama dalam masa pandemi COVID-19.

"Saya bersama dengan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa siap untuk melaksanakan program-program yang memprioritaskan kepentingan masyarakat," kata Kustini Sri Purnomo usai dilantik oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Bupati Sleman, di Sleman, Jumat.

Menurut dia, terpilihnya dirinya sebagai Bupati Sleman merupakan kemenangan masyarakat Sleman.

Baca juga: Gubernur DIY melantik bupati-wakil bupati tiga kabupaten

"Saya bersama Wakil Bupati Sleman akan mengabdikan diri untuk melayani masyarakat Sleman," katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik secara resmi Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sleman hasil Pilkada serentak tahun 2020 di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Jumat.

Sultan HB X menyampaikan bahwa pelantikan tersebut dilaksanakan secara serentak bagi tiga pimpinan daerah yaitu Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul dengan penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Gubernur Kepri minta kepala daerah tunaikan janji politik

Selain itu, dalam pelantikan tersebut, Sultan HB X mendorong untuk bupati dan wakil bupati yang baru dilantik untuk segera membelanjakan APBD dan Danais tahun anggaran 2021 agar ekonomi masyarakat mulai pulih, mengingat adanya pandemi COVID-19.

Sultan HB X menyebut, langkah pemulihan ekonomi masyarakat dapat dilakukan melalui kebijakan pemberdayaan UMKM dan penyusunan daftar prioritas investasi daerah dengan cara- cara "extra ordinary" dalam situasi darurat COVID-19.

Sementara untuk kembali memperkuat hubungan sosial usai pelaksanaan pesta demokrasi (Pilkada 2020), Sultan HB X berpesan kepada pimpinan daerah yang dilantik untuk menjadikan Forkopimda dalam ikatan "collective leadership" yang berkualitas negarawan.

Baca juga: Pelantikan kepala daerah lancar indikator sukses Pilkada 2020

Sultan juga meminta bupati-wakil bupati membuka dialog personal dengan kandidat lain, untuk mengadopsi dan mengadaptasi program-programnya yang bermanfaat bagi rakyat.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bupati Sleman imbau warga lereng Merapi beraktivitas dengan kewaspadaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar