Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas di kawasan permukiman penduduk untuk mencegah aksi terorisme serta berkembangnya paham radikal dan intoleransi.

"Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri memerintahkan Bhabinkamtibmas agar lebih intensif melakukan pembinaan keamanan ketertiban masyarakat di kawasan permukiman wilayah operasionalnya dan melakukan penyuluhan mengenai bahaya terorisme, radikalisme, dan intoleransi," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi di Palembang, Jumat.

Baca juga: Kapolres: Bhabinkamtibmas wajib contohkan prokes ke masyarakat

Menurut dia, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak pelayanan kepada masyarakat yang diharapkan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

"Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko mengapresiasi Bhabinkamtibmas yang telah bekerja secara tulus di tengah-tengah masyarakat sebagai aparat negara," ujarnya.

Baca juga: Polri maksimalkan tugas Bhabinkamtibmas tangani COVID-19

Berdasarkan analisa dan evaluasi, menurut dia, tugas Bhabinkamtibmas luar biasa, karena pada saat orang tidur mereka masih bekerja.

Kinerja yang luar biasa itu diharapkan terus dipertahankan sehingga dapat menarik simpati masyarakat untuk berpartisipasi mendukung upaya pencegahan aksi terorisme serta berkembangnya paham radikal dan intoleransi.

Baca juga: Kapolda ingatkan Babinsa-Bhabinkamtibmas bantu warga terdampak pandemi

"Partisipasi masyarakat sangat diperlukan, karena tidak mungkin mampu dilakukan oleh anggota polda atau Bhabinkamtibmas dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif," kata Supriadi.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021