hanya karena cuaca dan banjir
Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta segera menyiapkan gelar pangan murah cabai untuk menstabilkan harga komoditas itu yang naik hingga menembus Rp120 ribu per kilogram (kg) 

"Salah satu upaya untuk menstabilkan harga cabai dengan gelar pangan murah," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati, di Jakarta, Jumat.

Elly mengatakan pihaknya tengah mengkoordinasikan untuk menggelar pangan murah cabai dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Jaya.

Menurut dia, kenaikan harga cabai terjadi tidak hanya di DKI Jakarta, tapi hampir di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca juga: DKPKP upayakan pertanian kontrak antisipasi kenaikan harga cabai

Kenaikan ini, lanjut dia, karena faktor cuaca dan bencana banjir yang mengganggu waktu panen cabai di daerah sentra produksi cabai.

"Sentra-sentra sudah waktunya akan panen, hanya karena cuaca dan banjir, jadi terganggu akibatnya pasokan turun, efeknya harga naik," ujarnya.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai hanya terjadi pada jenis cabai rawit merah saja, untuk jenis cabai lainnya masih stabil.

Elly menambahkan, karena waktu panen sudah tiba, sehingga pasokan cabai kembali akan normal.

Baca juga: DKPKP akan gunakan mesin penyimpan untuk kendalikan harga cabai

"Karena cuaca sehingga petiknya terganggu. Tapi aman segera karena banyak daerah yang akan panen raya," ujarnya.

Sejak akhir tahun lau, harga jual cabai rawit merah mengalami kenaikan karena faktor cuaca. DKPKP DKI pernah menggelar pangan murah cabai selama dua hari pada Januari 2021 untuk menstabilkan harganya..

Harga cabai rawit merah rata-rata di DKI Jakarta menembus Rp100 ribu per kg dan pantauan dari Info Pangan Jakarta, harga tertinggi cabai rawit merah Rp130 ribu per kg terjadi di Pasar Pos Pengumben, sedangkan harga terendah Rp80 ribu per kg di Pasar Rawa Badak.

Untuk harga jual cabai rawit merah di tingkat Pasar Induk Kramat Jati pada pukul 20.36 WIB sebesar Rp87 ribu per kg, harga ini mengalami penurunan Rp1.000 dibanding pantauan pagi harinya.

Baca juga: DKPKP DKI siapkan operasi pasar tekan harga cabai

Sedangkan harga cabai merah keriting rata-rata DKI Jakarta Rp62 ribu per kg, harga tertinggi terjadi di Pasar Anyar Bahari seharga Rp80 ribu per kg dan yang terendah di Pasar Johar Baru Rp55 ribu kg.

Untuk cabai rawit hijau harga rata-rata Rp70 ribu per kg, harga tertinggi Rp95 ribu ada di Pasar Rawamangun dan terendah Rp70 ribu per kg di Pasar Kelapa Gading.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021