Kementerian PUPR rampungkan peningkatan jalan di DPSP Manado-Likupang

Kementerian PUPR rampungkan peningkatan jalan di DPSP Manado-Likupang

Preservasi Jalan Girian-Likupang oleh Kementerian PUPR di Sulawesi Utara. ANTARA/HO-Dokumentasi Kementerian PUPR

Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyelesaikan peningkatan jalan sepanjang 45,47 km di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Manado-Bitung-Likupang, Sulawesi Utara, dalam rangka mendukung pemulihan pariwisata.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi mantap akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Untuk mendukung konektivitas di DPSP Manado - Bitung - Likupang, pada TA 2020 Kementerian PUPR tengah menyelesaikan preservasi dua ruas jalan dan satu jembatan yakni preservasi Jalan Girian (Bitung) - Likupang, peningkatan Jalan Pantai Pulisan dan penggantian Jembatan Marinsow dengan total panjang jalan 45,47 km dan jembatan 165,2 m.

Jalan Girian (Bitung) - Likupang terdiri dari preservasi jalan sepanjang 43,67 km dan jembatan 152,2 m. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 15 Mei 2020 dan selesai pada 31 Mei 2020 dengan anggaran Rp18,64 miliar.

Kegiatan peningkatan jalan Pantai Pulisan sepanjang 2,8 km dikerjakan pada 29 Juni 2020 selesai pada 13 Desember 2020 dengan anggaran Rp34,46 miliar.
Sementara penggantian Jembatan Marinsow sepanjang 13 m dilakukan pada 20 April 2020 sampai 6 Desember 2020 dengan anggaran Rp4,1 miliar.

Sebelumnya, untuk meningkatkan konektivitas di DPSP ini Kementerian PUPR telah membangun Tol Manado - Bitung sepanjang 40 km yang merupakan tol pertama di Sulawesi Utara.

Tol Manado - Bitung ruas Manado - Danowudu sepanjang 26 km telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September 2020 lalu. Pembangunan ruas tol Manado-Bitung merupakan salah satu dukungan yang signifikan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan DPSP Manado - Bitung - Likupang.

Baca juga: Wamendag dukung prioritaskan kawasan wisata Likupang Sulut
Baca juga: Menko: Dua KEK baru diproyeksi tarik investasi 19,3 miliar dolar
Baca juga: Teten dorong pengembangan UMKM pariwisata di KEK Likupang Sulut

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kabupaten Malang bangun RS Darurat COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar