Vaksinasi lansia Tanjung Priok optimalkan peran Ketua RW

Vaksinasi lansia Tanjung Priok optimalkan peran Ketua RW

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko (tengah) bersama Ketua RW01 Aris Munandar (kedua kiri) dan sejumlah pengurus RW 01 memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di SMA Negeri 41 Jakarta, Senin (1/3/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

yang sudah terdaftar tidak lebih dari 300 orang
Jakarta (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi bagi warga lanjut usia (di SMA Negeri 41 Jakarta, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok akan mengoptimalkan peran Ketua Rukun Warga (RW).

Camat Tanjung Priok Syamsul Huda mengatakan optimalisasi peran Ketua RW tersebut di antaranya yaitu memastikan pelayanan prima pada warga lansia di lingkungan masing-masing.

"Misalkan kalau sudah usia lanjut, mungkin dia tidak bisa jalan atau bagaimana, maka kami selalu berkoordinasi dengan RW. Atau warga yang tidak punya ponsel pintar (smartphone) untuk mendaftar, nanti RW yang mendaftarkan dia lewat tautan (link pendaftaran)," ujar Huda saat ditemui sedang memantau pelaksanaan vaksinasi lansia di SMA Negeri 41 Jakarta, Senin.

Ketua RW juga diharapkan dapat berperan optimal dalam memastikan warga lansia di RW masing-masing bisa datang sesuai jadwal.

Baca juga: Lansia di Mampang Prapatan jalani vaksinasi COVID-19

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko saat ditemui sedang memantau pelaksanaan vaksinasi lansia di SMA Negeri 41 Jakarta, Senin, mengatakan bahwa peran Ketua RW di lingkungan memang cukup sentral.

Setiap Ketua RW di Kelurahan Sunter Agung bertanggung jawab mendata warga lansia yang belum mendapat vaksin serta mensosialisasikan tentang pelaksanaan vaksinasi RW masing-masing di SMA Negeri 41 Jakarta.

Untuk RW 01, pelaksanaan vaksinasi dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB dengan kuota per hari 70 orang.

Kemudian dilanjutkan vaksinasi untuk RW 02 dan RW 04, mulai pukul 10.00-12.00 WIB. Adapun kuota RW 04 ada 15 orang, RW 02 ada 55 orang.

Baca juga: Wagub DKI sebut belum ada keluhan vaksin COVID-19 dari lansia

Selanjutnya, pukul 13.00-15.00 WIB dilaksanakan vaksinasi untuk RW 03, dengan kuota 70 orang.

Danang mengatakan Ketua RW juga sigap membantu pendaftaran warga secara daring, khususnya bagi warga lansia yang belum memiliki ponsel pintar.

"Berdasarkan data yang ada, ada 1.683 lansia. Tapi sampai hari ini yang sudah terdaftar tidak lebih dari 300 orang. Memang masih kurang, makanya perlu lebih disosialisasikan," kata Danang.

Rencananya, vaksinasi akan terus dilaksanakan di SMA Negeri 41 Jakarta hingga lima hari ke depan atau berakhir pada Jumat.

Baca juga: Lansia antre daftar vaksinasi COVID-19 di RSUD Kembangan

Danang juga akan terus aktif berkomunikasi langsung secara intensif kepada warganya supaya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara dinamis di Kelurahan Sunter Agung berjalan dengan sukses.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi di Istora terbuka untuk lansia luar Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar