Jakarta Selatan targetkan 189 ribu lansia divaksin COVID-19

Jakarta Selatan targetkan 189 ribu lansia divaksin COVID-19

Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji (masker oranye) ketika meninjau vaksinasi lansia di SMP Negeri 141 Jakarta, Senin (1/3/2021). ANTARA/Dewa Wiguna.

Target kita dalam satu bulan itu 189 ribu lansia
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menargetkan 189 ribu warga lanjut usia (lansia) yang terdata di wilayah itu untuk menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama dalam waktu satu bulan atau selama Maret 2021.

"Target kita dalam satu bulan itu 189 ribu lansia bisa terlayani," kata Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji, ketika meninjau vaksinasi lansia di SMP Negeri 141 Jakarta, Senin.

Untuk mendukung target itu, lanjut dia, sudah disiapkan 10 titik vaksinasi dengan target lansia bisa divaksin mencapai kisaran 250 orang per titik per hari.

Senada dengan Isnawa, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Helmi menambahkan 10 titik lokasi vaksinasi itu terdiri dari 10 Puskesmas, tujuh RSUD dan 10 lokasi vaksinasi lain di luar fasilitas layanan kesehatan yang representatif.

Baca juga: Vaksinasi lansia Tanjung Priok optimalkan peran Ketua RW

Vaksinasi di lokasi tersebut diadakan secara simultan untuk menyasar warga lansia mendapatkan vaksinasi COVID.

Adapun 10 lokasi vaksinasi di luar fasilitas kesehatan itu di antaranya yang dipusatkan di SMP Negeri 141 Jakarta di Kecamatan Mampang Prapatan, SMA Negeri 8 dan SMA Negeri 55 Jakarta.

Pihaknya saat ini masih mendata total jumlah lansia yang sudah mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19 karena pelaksanaannya digelar serentak di sejumlah titik secara simultan.

Sementara itu, vaksinasi dosis pertama diberikan kepada warga lansia di Kecamatan Mampang Prapatan yang salah satunya di pusatkan di SMP Negeri 141 Jakarta.

Baca juga: Lansia di Mampang Prapatan jalani vaksinasi COVID-19

Di kecamatan itu ditargetkan 11 ribu warga lansia mendapatkan injeksi vaksin COVID-19.

"Di Mampang itu ada 11 ribu, kalau ada 20 hari kerja kurang lebih ada sekitar 500, minimal perlu dua titik. Tapi titiknya juga tidak bisa terlalu banyak karena petugas yang disiapkan juga jadi terlalu banyak, tapi kalau titik sedikit juga menyangkut mobilisasi," katanya.

Vaksinasi lansia di wilayah Jakarta Selatan sudah mulai dilaksanakan sejak minggu lalu menyasar beberapa kecamatan di antaranya di wilayah Cilandak.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi di Istora terbuka untuk lansia luar Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar