Dinas Kesehatan Jaksel siapkan ICU mini saat vaksinasi lansia

Dinas Kesehatan Jaksel siapkan ICU mini saat vaksinasi lansia

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan M. Helmi (kiri) bersama Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji, ketika memantau vaksinasi lansia di SMP Negeri 141 Jakarta, Senin (1/3/2021). ANTARA/Dewa Wiguna.

jika terjadi sesuatu, maka ditangani sementara di tempat itu
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan menyiapkan ruang unit perawatan intensif (Intensif Care Unit/ICU) mini di setiap titik lokasi vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) sebagai antisipasi jika terjadi dampak lanjutan setelah imunisasi COVID-19.

"Karena yang divaksin lansia maka harus ada ICU mini, jika terjadi sesuatu, maka ditangani sementara di tempat itu," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, M. Helmi saat ditemui ketika memantau vaksinasi lansia di SMP Negeri 141 Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan di setiap lokasi vaksinasi khususnya di luar fasilitas layanan kesehatan, ICU mini itu dilayani tiga orang petugas medis terdiri dari satu orang dokter dan dua perawat.

Kemudian, didukung seorang pengemudi ambulans yang bersiaga di lokasi vaksinasi warga lansia.

Baca juga: Lansia di Mampang Prapatan jalani vaksinasi COVID-19

Tak hanya personel medis, ICU mini juga dilengkapi peralatan medis di antaranya pertolongan kegawatdaruratan yakni jalan nafas (airway), bantuan nafas (breathing) dan (bantuan sirkulasi) circulation (ABC) bagi pasien dalam keadaan tidak sadar.

Selain itu, lanjut dia, penanganan terkait syok anafilaktik apabila terjadi reaksi alergi setelah vaksinasi.

Apabila setelah ditangani dalam ICU mini dan masih memerlukan penanganan lanjutan, maka pasien itu akan dibawa ke rumah sakit rujukan.

Helmi menambahkan di wilayah Jakarta Selatan sudah disiapkan sekitar lima RS rujukan yakni RS Fatmawati, RS Pertamina, RSUD Mampang Prapatan, RSUD Jagakarsa dan RSUD Tebet.

Baca juga: Wagub DKI sebut belum ada keluhan vaksin COVID-19 dari lansia

"Tapi karena jumlahnya banyak dan kemungkinan titiknya berubah, kami juga akan kerja sama dengan rumah sakit swasta," imbuh Helmi.

Di wilayah Jakarta Selatan, kata dia, ditargetkan 189 ribu warga lansia mendapatkan vaksinasi COVID-19 dalam satu bulan ini.

Sedangkan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia dilakukan di 10 Puskesmas di setiap kecamatan di Jakarta Selatan, tujuh RSUD dan 10 lokasi vaksinasi di luar fasilitas pelayanan kesehatan.

Tiap titik lokasi vaksinasi, kata dia, ditargetkan mampu memvaksin 250 orang warga lansia per hari.

Baca juga: Dinkes Jakarta Barat targetkan vaksin 203.000 lansia

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi di Istora terbuka untuk lansia luar Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar