Komite vaksin Kanada: AstraZeneca tidak untuk 65 tahun ke atas

Komite vaksin Kanada: AstraZeneca tidak untuk 65 tahun ke atas

Seorang tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin penyakit virus corona (COVID-19) Pfizer/BioNTEch pada seorang tenaga pendukung di The Michener Institute, di Toronto, Kanada, Senin (14/12/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Osorio/wsj/cfo

Toronto (ANTARA) - Komite Penasihat Nasional Kanada untuk Imunisasi, Senin (1/3), merilis pedoman baru yang menyarankan orang yang berusia 65 tahun ke atas tidak disuntik vaksin COVID-19 AstraZeneca, dengan alasan kurangnya informasi tentang kemanjuran pada kelompok usia tersebut.

Vaksin itu diizinkan oleh regulator obat Health Canada pada Jumat (26/2) untuk disuntikkan kepada orang berusia 18 tahun dan yang lebih tua. Rekomendasi komite tidak mengikat, tetapi dapat memengaruhi rencana vaksinasi provinsi.

Keputusan Health Canada mencatat bahwa data uji klinis yang tersedia terlalu terbatas untuk memperkirakan secara andal seberapa baik vaksin bekerja pada orang berusia 65 tahun ke atas.

Tetapi, badan itu juga mengatakan "bukti nyata yang muncul di dunia" di tempat-tempat yang sudah mulai menggunakan vaksin menunjukkan potensi manfaat dan tidak ada masalah keamanan. 

Sebuah studi pendahuluan tentang program vaksinasi Skotlandia yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan bahwa suntikan AstraZeneca sangat efektif dalam mencegah infeksi parah di sana.

Di Jerman, saran untuk menggunakan vaksin hanya untuk orang di bawah 65 tahun telah menyebabkan rendahnya penggunaan dosis yang tersedia.

Sumber: Reuters

Baca juga: Biden, Trudeau akan bertemu, berkolaborasi dalam pasokan vaksin

Baca juga: India sebut akan kirim vaksin AstraZeneca ke Kanada 'sebelum sebulan'


 

Menkes targetkan vaksinasi COVID-19 tahap II tuntas Juni

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar