Ada sejumlah risiko dan hambatan yang menghalangi kemajuan bitcoin
New York (ANTARA) - Bitcoin naik hampir tujuh persen pada Senin (1/3/2021) ketika aset-aset berisiko menguat setelah penurunan obligasi minggu lalu mendingin, dengan Citi mengatakan mata uang kripto paling populer itu berada pada "titik kritis" dan dapat menjadi mata uang pilihan untuk perdagangan internasional.

Dengan dukungan baru-baru ini dari perusahaan-perusahaan seperti Tesla Inc dan Mastercard Inc, bitcoin bisa menjadi awal dari "transformasi besar-besaran" ke arus utama, kata bank investasi tersebut

Sementara, Goldman Sachs telah memulai kembali meja perdagangan mata uang kripto dan akan mulai menangani bitcoin berjangka dan non-deliverable forwards (instrumen derivatif kontrak perdagangan mata uang berjangka) untuk nasabahnya minggu depan, seseorang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters.

“Penarikan yang paralel dengan ledakan gelembung kripto pada tahun 2017 mungkin tidak memperhitungkan kemajuan teknologi sejak saat itu,” kata Paolo Ardoino, direktur teknologi di bursa mata uang kriptp Bitfinex.

Bitcoin, yang mencapai rekor tertinggi 58.354 dolar AS pada Februari, di masa depan dapat menjadi mata uang pilihan untuk perdagangan internasional atau menghadapi "ledakan spekulatif", kata Citi.

“Ada sejumlah risiko dan hambatan yang menghalangi kemajuan bitcoin,” tulis analis Citi. "Tapi menimbang rintangan potensial ini terhadap peluang mengarah pada kesimpulan bahwa bitcoin berada pada titik kritis."

Mata uang kripto terbesar di dunia itu melonjak 6,8 persen menjadi 48.330 dolar AS dalam perdagangan Senin sore (1/3/2021). Saingannya yang lebih kecil Ether terangkat 6,8 persen menjadi 1.517 dolar AS.

Kinerja Bitcoin baru-baru ini datang bersama meningkatnya keterlibatan investor institusional dalam beberapa tahun terakhir, kontras dengan investor ritel besarnya yang fokus selama sebagian besar dekade terakhir, kata Citi.

Jika perusahaan dan individu mendapatkan akses melalui dompet digital ke kas digital bank sentral yang direncanakan dan apa yang disebut stablecoin, jangkauan global bitcoin, keterlacakan dan potensi pembayaran cepat akan melihatnya "diposisikan secara optimal" untuk menjadi mata uang pilihan bagi perdagangan internasional, Citi menambahkan.

Bitcoin, yang dirancang sebagai alat pembayaran, sedikit digunakan untuk perdagangan di negara-negara besar, terhambat oleh volatilitas tinggi dan transaksi yang relatif mahal. Namun itu telah mendapatkan daya tarik di beberapa pasar negara berkembang, seperti Nigeria, selama setahun terakhir.

Transformasi dramatis ke mata uang de facto perdagangan dunia - status yang saat ini dipegang oleh dolar - akan bergantung pada perubahan pada pasar bitcoin untuk memungkinkan partisipasi kelembagaan yang lebih luas dan pengawasan lebih ketat oleh regulator keuangan, kata Citi.

Namun, pergeseran dalam lingkungan ekonomi makro juga dapat membuat permintaan bitcoin tidak terlalu mendesak, tambahnya.

Lonjakan minat baru-baru ini, yang dipicu oleh narasi bahwa bitcoin dapat bertindak sebagai lindung nilai terhadap inflasi, telah mendorongnya ke rekor tertinggi dan kapitalisasi pasar satu triliun dolar AS.

Tetapi, bitcoin telah mundur kembali lebih dari 11.000 dolar AS dari level tersebut dalam seminggu terakhir karena pertanyaan-pertanyaan tentang keberlanjutan harga tinggi tersebut.

Jaksa Agung New York Letitia James pada Senin (1/3/2021) memperingatkan investor untuk "sangat berhati-hati saat berinvestasi dalam mata uang virtual".

Baca juga: Bitcoin terus merosot dari rekor tertinggi ke terendah dalam 20 hari
Baca juga: Gubernur BI: Bitcoin bukan alat pembayaran sah di Indonesia
Baca juga: Bitcoin capai kapitalisasi 1 triliun dolar, melonjak ke puncak baru



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021