Kami yakin dengan melakukan perubahan ini sekarang kami dapat memiliki paruh kedua musim yang kuat
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Atlanta Hawks Lloyd Pierce dibebastugaskan menyusul awal musim yang mengecewakan setelah start 14-20.

Presiden operasi bola basket/manajer umum Atlanta Hawks, Travis Schlenk, mengumumkan langkah tersebut dalam pernyataan singkat yang dirilis oleh tim.

"Kami ingin berterima kasih kepada Lloyd atas kerja dan komitmennya tidak hanya pada organisasi Hawks tetapi juga kota Atlanta. Dia dan istrinya, Melissa, adalah orang-orang luar biasa yang telah memberikan dampak positif di seluruh kota," kata Schlenk, dikutip dari laman resmi Atlanta Hawks, Selasa.

"Kami memiliki ekspektasi tinggi untuk tim kami di lapangan dan kami yakin dengan melakukan perubahan ini sekarang kami dapat memiliki paruh kedua musim yang kuat," dia menambahkan.

Pierce diangkat sebagai pelatih kepala ke-13 dalam sejarah Hawks pada 11 Mei 2018. Dia mengumpulkan 63-120 dalam 183 pertandingan.

Baca juga: Eks pelatih Pacers kini tangani Hawks

Hawks saat ini duduk di peringkat 11 klasemen wilayah timur, menyusul kekalahan 109-99 melawan Miami Heat pada Minggu malam.

Setelah menyatakan pemberhentian tugas Pierce, Hawks mengumumkan bahwa asisten pelatih Nate McMillan kini ditunjuk sebagai pelatih kepala sementara. Schlenk mengumumkan langkah itu kurang dari sepekan sebelum Atlanta menjadi tuan rumah All-Star Game.

Hawks terakhir kali tampil di babak playoff pada 2017. Tim ini membangun kembali kekuatannya di posisi point guard Trae Young dan penyerang John Collins, serta banyak berinvestasi pada sejumlah veteran, termasuk Bogdan Bogdanovic, Danilo Gallinari, Rajon Rondo dan Kris Dunn. Performa Hawks juga meningkat dengan penambahan center Clint Capela.

Hawks memiliki uang yang bebas untuk dibelanjakan, dan Schlenk tidak membuang waktu untuk menambahkan Gallinari (tiga tahun, 61,5 juta dolar AS), Rondo (dua tahun, 15 juta dolar AS) dan Dunn (dua tahun, 10 juta dolar AS).

Baca juga: Bogdanovic ditawari kontrak 72 juta dolar oleh Hawks

Langkah terbesar datang ketika Schlenk mengajukan tawaran untuk Bogdanovic -- empat tahun seharga 72 juta dolar AS. Namun, cedera pada Bogdanovic membuat Pierce tidak memiliki roster yang sehat. Hawks juga dirugikan oleh hilangnya bintang baru De’Andre Hunter karena operasi lutut.

McMillan, mantan point guard NBA, bergabung dengan staf pelatih Hawks pada 11 November 2020. Dia pernah menjabat sebagai pelatih kepala di Seattle (2000-2005), Portland (2005-2012) dan Indiana (2016-2020).

Baca juga: Jazz kalahkan Hawks untuk raih kemenangan ke-13 dalam 14 laga
Baca juga: Tumbangkan Hawks, Mavericks akhiri enam kekalahan berturut-turut
Baca juga: Julius Randle cetak 44 poin saat Knicks hempaskan Hawks


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021