Massa demo narkoba di lapas ke Kanwilkumham Jakarta

Massa demo narkoba di lapas ke Kanwilkumham Jakarta

Massa dari Gerakan Corong Pemuda Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di depan Kanwilkumham Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (2/3/2021). (ANTARA/Yogi Rachman)

kami berkomitmen untuk menyuarakan ini sebagai bentuk keresahan
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah massa yang tergabung dalam Gerakan Corong Pemuda Jakarta menggelar aksi unjuk rasa tentang maraknya peredaran narkotika dan bahan barbahaya (narkoba) di lembaga pemasyarakatan (lapas) ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, Selasa.

Aksi unjuk rasa ini merupakan sebagai bentuk keresahan atas maraknya peredaran narkoba di rumah tahanan (rutan) dan lembaga permasyarakatan (lapas) yang ada di Jakarta.

"Walaupun tidak ada tanggapan, tapi kami berkomitmen untuk menyuarakan ini sebagai bentuk keresahan kami," kata koordinator aksi Ahmad.

Dalam aksi unjuk rasa ini, massa juga menuntut Ketua Kanwilkumham Jakarta Liberty Sitinjak untuk mundur dari jabatannya karena dianggap tak mampu menghentikan peredaran narkoba di lapas.

Baca juga: Lapas narkotika Cipinang sita alat komunikasi dari warga binaan

"Kami apabila tidak menyampaikan, kami rasa terjadi kejanggalan karena ini merusak generasi muda apabila generasi muda ikut menggunakan narkoba," ujarnya.

Jalannya aksi unjuk rasa juga diwarnai dengan pembakaran spanduk oleh massa. Bahkan situasi sempat sedikit tegang ketika massa berusaha mendobrak pagar Kanwilkumham Jakarta.

Massa pun kemudian membubarkan diri dengan tertib setelah melakukan aksi selama kurang lebih satu jam tanpa ada satupun perwakilan Kanwilkumham Jakarta yang menemui.

Baca juga: Tiga kurir narkoba jaringan lapas diamankan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar