Luhut minta Kominfo dukung digitalisasi produk wisata Indonesia

Luhut minta Kominfo dukung digitalisasi produk wisata Indonesia

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi/am.

Saya terima kasih kepada Pak Jhonny G. Plate telah melakukan tugasnya untuk mendukung digitalisasi produk artisan dan digitalisasi produk wisata Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung digitalisasi produk artisan dan produk wisata Indonesia dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kominfo memiliki peran strategis menyukseskan target Bangga Buatan Indonesia ini. Saya terima kasih kepada Pak Jhonny G. Plate telah melakukan tugasnya untuk mendukung digitalisasi produk artisan dan digitalisasi produk wisata Indonesia," kata Luhut dalam sambutan melalui konferensi video pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok, Rabu.

Luhut meminta agar Kominfo bisa terus mengawal secara ketat aktivasi onboarding para pelaku UMKM di daerah masuk ke ekosistem digital. Pengawalan itu dilakukan dengan mendukung jaringan telekomunikasi, khususnya di daerah yang sulit dijangkau jaringan telekomunikasi.

"Kita berharap nanti kalau ada Starlink (Internet Satelit SpaceX), kita betul-betul penetrasi sampai pada titik-titik terjauh di Indonesia timur atau di negeri kita tercinta ini," imbuh Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menkominfo Jhonny G. Plate menuturkan pihaknya terus mendukung digitalisasi UMKM dan sektor pariwisata.

Khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jhonny mengatakan Kominfo telah membangun tiga BTS tambahan dan menyiapkan 78 titik akses internet gratis yang terhubung ke satelit, termasuk juga terus menggerakkan kehadiran operator seluler.

"Di hilir, saya mendukung penuh QRIS, ini aplikasi terpusat untuk sistem pembayaran dan ini sangat membantu penjual, pembeli, produsen, merchant, termasuk juga yang di NTB. Mari manfaatkan ruang digital ini dengan baik," katanya.

Jhonny juga mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membangun modal ventura dan mendorong teknologi finansial guna mendukung UMKM dan technopark di NTB.

"Kami juga mendukung peningkatan SDM melalui pendidikan vokasi dan training untuk membangun kepariwisataan dari sisi Kominfo, khususnya pemanfaatan ruang digital dalam rangka onboarding UMKM di NTB," pungkas Jhonny.

Baca juga: Luhut sebut banyak pejabat abai gunakan produk dalam negeri
Baca juga: Luhut: Beli Kreatif Danau Toba kolaborasi bangun pariwisata-ekraf
Baca juga: Luhut: Kita harus bangga gunakan produk dalam negeri

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kereta Cepat Bandung-Jakarta ditargetkan beroperasi 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar