Bupati Sleman minta OPD sediakan kanal untuk serap aspirasi masyarakat

Bupati Sleman minta OPD sediakan kanal untuk serap aspirasi masyarakat

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat membuka Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Sleman. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman/am.

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di pemerintah daerah setempat untuk menyediakan banyak kanal atau saluran guna mempermudah masyarakat menyampaikan masukan untuk pembangunan di Sleman.

"Kanal atau saluran itu, baik melalui aplikasi di telepon pintar, website, maupun SMS," kata Kustini saat membuka acara Forum Lintas Perangkat Daerah di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Bupati Sleman menjelaskan bahwa Forum Lintas Perangkat Daerah merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha atau pemangku kepentingan untuk menyempurnakan rancangan kebijakan penyusunan rencana kerja (renja) perangkat daerah.

Kustini Sri Purnomo berharap agar seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan benar-benar menjamin keterlibatan semua elemen masyarakat untuk menyampaikan saran dan usulan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah ini.

Ia lantas menyebutkan tema Pembangunan Tahun 2022 adalah Mempercepat Kebangkitan Ekonomi dan Pemulihan Kondisi Sosial Masyarakat Sleman.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Sleman Kunto Riyadi menjelaskan tujuan dari forum tersebut adalah untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman di kecamatan, termasuk penyelarasan 20 program strategis kepala daerah.

Selain itu, juga untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Tujuan lainnya adalah menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah kabupaten dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Melalui forum ini, kata dia, ada penyesuaian pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah kabupaten.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar