Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengagumi eksotisnya Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai salah destinasi wisata terbaik di Indonesia.

"Saya sudah datang ke Lombok, NTB. Destinasinya eksotis, makanya kita terus dukung," ujar Sandi melalui virtual dalam rangka menyemarakkan kampanye Karya Kreatif Indonesia (KKI) Eksotisme Lombok, sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Rabu.

Selain mengagumi potensi destinasi Lombok secara umum, Sandiaga mengaku jatuh hati dengan keindahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah sebagai salah satu kawasan destinasi super prioritas (DSP) nasional. Yang mana di kawasan ini nantinya menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP.

Baca juga: Semarakkan Eksotisme Lombok, Gubernur BI belanja mutiara

"Saya sudah coba destinasinya mulai berenang, bersepeda dengan melakukan triatlon di Mandalika. Pokoknya maju terus NTB dan Lombok," ujar Sandi.

Namun demikian, Sandiaga mengingatkan bahwa Lombok atau Mandalika dikenal sebagai destinasi wisata prioritas. Melainkan dengan keberadaan Mandalika juga bisa membangkitkan dan memberikan harapan kepada produk kreatif di NTB untuk bisa dikenal dunia.

"Kita di pariwisata bukan hanya melihat Mandalika sebagai satu destinasi pariwisata prioritas tapi bagaimana kita membangkitkan dan memberikan harapan kepada produk kriya yang dimiliki bisa mendunia," ucap Sandiaga Uno.

Karena itu, menurut Sandiaga dalam membangkitkan produk kriya hasil UMKM di NTB perlu ada sentuhan digitalisasi sehingga produk yang dihasilkan bisa diterima secara global.

Baca juga: Kampanye Karya Kreatif Indonesia Eksotisme Lombok diluncurkan

"Kuncinya sebuah produk bisa mendunia tidak ada cara lain yakni harus digitalisasi," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021