Angin kencang landa Sleman akibatkan puluhan pohon tumbang dan rumah

Angin kencang landa Sleman akibatkan puluhan pohon tumbang dan rumah

Sejumlah relawan melakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang yang melintang di jalan akibat diterjang angin kencang di Kabupaten Sleman. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Selain itu juga terjadi hujan es
Sleman (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang dan hujan es melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu siang hingga mengakibatkan puluhan pohon tumbang, belasan rumah rusak serta beberapa jaringan listrik putus.

"Selain itu juga terjadi hujan es di beberapa wilayah seperti di Dusun Babadan, Girikerto Kapanewon dan Dusun Turi Donokerto di Turi serta Dusun Temulawak, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Sleman," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Rabu.

Menurut dia, untuk dampak angin kencang meliputi 25 titik lokasi dampak dengan 27 pohon tumbang, 12 rumah rusak ringan dan enam titik jaringan listrik rusak.

"Selain itu juga mengakibatkan satu tower roboh, satu unit mobil rusak, satu fasilitas oendidikan (BLK) rusak ringan dan satu fasilitas ibadah rusak ringan," katanya.

Ia mengatakan, untuk titik-titik kejadian dampak angin kencang diantaranya untuk Kecamatan Pakem di Kelurahan Hargobinangun terdapat satu pohon tumbang dan satu tempat usaha rusak ringan, di Kelurahan Purwobinangun enam titik lokasi enam pohon tumbang dua rumah rusak ringan dua titik jaringan listrik rusak saru tower roboh dan fasilkitas Pendidikan (BLK) rusak ringan.

Baca juga: Angin kencang terjang sejumlah titik di Sleman akibatkan tiga luka

Baca juga: BPBD Sleman : seluruh wilayah Sleman miliki potensi bencana


"Kemudian di Kecamatan Turi di Kelurahan Donokerto 12 titik lokasi sebanyak 12 pohon tumbang,  delapan rumah rusak ringan, sebanyak 33 titik jaringan listrik rusak satu fasilitas ibadah rusak ringan. Sedangkan di Kelurahan Girikerto tiga titik lokasi lima pohon tumbang," katanya.

Ia mengatakan, angin kencang juga menerjang wilayah kecamatan yang meliputi di Kecamatan Tempel, Kelurahan Mororejo satu titik lokasi, satu pohon tumbang dan satu titik jaringan listrik rusak.

"Di Kecamatan Mlati di Kelurahan Sinduadi satu titik lokasi pohon tumbang satu unit mobil rusak. Kelurahan Sumberadi satu titik lokasi pohon tumbang satu rumah rusak ringan," katanya.

Makwan mengatakan, untuk penanganan langsung dilakukan pemotongan pohon tumbang dan pembersihan material bangunan yang rusak.

"Kami juga memberikan bantuan darurat untuk korban yang terdampak angin kencang," katanya.

Baca juga: Walhi DIY: Harus ada program inventarisasi pohon rawan

Baca juga: BPBD Sleman aktifkan posko tanggap darurat di Desa Sendangrejo

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Masih PPKM, BPBD Sleman belum izinkan pengungsi merapi pulang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar