Kemnaker terima hibah dua BLK dari Pemprov Riau

Kemnaker terima hibah dua BLK dari Pemprov Riau

Menaker Ida Fauziyah (ketiga kiri) dan Gubernur Riau Syamsuar (ketiga kanan) usai menandatangani Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Daerah BLK Pekanbaru dan BLK Kerja Dumai di Kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu (3/3/2021) (ANTARA/HO-Kementerian Ketenagakerjaan)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima hibah dua Balai Latihan Kerja (BLK) dari Pemerintah Provinsi Riau yang akan membantu kementerian tersebut dalam menyiapkan sumber daya manusia kompeten.

"Kami tentunya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Pak Gubernur yang telah berkenan memberikan hibah tanah dan bangunan, dan tentunya saya sangat berharap akan dapat membantu mempersiapkan SDM berkualitas dan kompeten kepada masyarakat Provinsi Riau," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menurut keterangan resmi Kemnaker di Jakarta, Rabu.

Serah terima hibah BLK Dumai dan BLK Pekabaru itu dilakukan secara resmi dalam acara penandatanganan yang dilakukan Menaker Ida dan Gubernur Riau Syamsuar di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan pada hari ini.

Baca juga: Menaker: BLK bakal ditransformasi jadi pusat pengembangan kompetensi

Dengan penghibahan itu maka BLK Pekanbaru dan BLK Dumai yang berstatus Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Provinsi Riau telah resmi menjadi BLK Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang dikelola oleh Kemnaker.

Meski telah berganti status, Menaker Ida meminta Pemerintah Provinsi Riau untuk terus berkolaborasi dengan Kemnaker untuk mengembangkan dan memajukan kedua BLK tersebut.

"Saya berharap kepada Pemerintah Daerah Riau untuk bisa saling sharing, agar nantinya dapat mewujudkan SDM yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Industri di wilayah Provinsi Riau," kata Ida.

Menaker Ida mengatakan bahwa dalam prosesnya selama ini telah dilakukan peninjauan lapangan oleh tim teknis baik dari Kemnaker maupun dari perwakilan Pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan verifikasi satuan kerja, serta personil, peralatan, pembiayaan, dan dokumen (P3D) BLK.

Langkah selanjutnya setelah serah terima itu adalah menyiapkan program kejuruan yang akan didiskusikan kembali dengan Gubernur Riau guna mengetahui program pelatihan yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan industri di Riau.

Baca juga: BLK digandeng beri keterampilan kerja bagi anak jalanan di Kendari
Baca juga: Kemnaker tingkatkan kompetensi 901.177 orang sepanjang 2020
Baca juga: Legislator: Perlu BLK khusus difabel agar pekerja lebih terampil

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BLK Kendari gagas pelatihan kerja anak jalanan dan eks pecandu narkoba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar