Sepak Bola Nasional

Menpora bantu PSSI dapatkan izin keramaian untuk laga timnas

Menpora bantu PSSI dapatkan izin keramaian untuk laga timnas

Pemain tim nasional Indonesia berlatih di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (2/3/2021), menjelang laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United. Pertandingan itu menjadi bagian dari persiapan menuju SEA Games 2021. (Michael Siahaan)

Tadi pagi saya berkomunikasi dengan pihak Polri. Saya menyampaikan bahwa apa yang dilakukan PSSI merupakan uji coba untuk tim nasional dan menjadi kebutuhan sesuai road map
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membantu PSSI dalam upaya mendapatkan izin keramaian untuk laga uji coba tim nasional U-22 dari Polri.

Setelah bertemu perwakilan PSSI di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis, Zainudin menyebut salah satu usaha yang dilakukannya adalah menghubungi pejabat Polri pada Kamis (4/3) pagi atau sehari setelah pertandingan persahabatan timnas U-22 versus Tira Persikabo dibatalkan kurang dari sejam sebelum dimulai karena tak ada izin.

"Tadi pagi saya berkomunikasi dengan pihak Polri. Saya menyampaikan bahwa apa yang dilakukan PSSI merupakan uji coba untuk tim nasional dan menjadi kebutuhan sesuai road map," ujar Menpora.

Baca juga: Laga uji coba timnas Indonesia versus Tira Persikabo batal

Selain itu, Zainudin juga meyakinkan kepolisian bahwa pelaksanaan pertandingan tersebut menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Oleh sebab itu, laga uji coba timnas yang rencananya digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, sekaligus menjadi simulasi laga turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung mulai 21 Maret.

"Pertandingan uji coba bisa menjadi simulasi. Jadi, kalau ada kekurangan kita bisa memperbaikinya. Kalau sudah oke berarti tidak ada masalah. Saya bantu meyakinkan bahwa penyelenggaraan (laga uji coba-red) benar-benar mematuhi protokol kesehatan, termasuk tanpa penonton dan tidak ada nonton bareng," tutur Menpora.

Sementara Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyebut bahwa pihaknya memang merancang dua laga uji coba untuk timnas U-22 demi menyempurnakan pemusatan latihan (TC) persiapan SEA Games 2021 yang dilaksanakan sejak 8 Februari 2021.

Baca juga: PSSI minta maaf kepada Polri soal izin timnas versus Tira Persikabo

"Sebenarnya pertandingan uji coba itu penting karena menjadi rangkaian road map dari pelatih Shin Tae-yong. Kami sudah menerapkan protokol kesehatan," kata Iwan, yang datang ke Kemenpora bersama Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto.

Terkait perizinan itu, pihak Mabes Polri melalui Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Polisi Ahmad Ramadhan menyebut bahwa Polri, PSSI dan Menpora sudah berkoordinasi bahwa sebagai pengganti laga pada Rabu (3/3), pertandingan uji coba timnas U-22 tetap berlangsung pada Jumat (5/3).

Setelah itu, laga kedua akan digelar pada Minggu (7/3). Pertandingan-pertandingan tersebut tetap berlokasi di Stadion Madya Gelora Bung Karno.

Meski demikian, sampai berita ini diturunkan, PSSI belum memberikan keterangan resmi mengenai jadwal uji coba terbaru itu.

Baca juga: PSSI belum bisa pastikan TC luar negeri timnas SEA Games

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Inspeksi mendadak Piala Menpora, Kapolri akui berjalan baik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar