Kemarin, mulai zonasi COVID-19 hingga aktivitas vulkanik Gunung Merapi

Kemarin, mulai zonasi COVID-19 hingga aktivitas vulkanik Gunung Merapi

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Rapat Kerja Kemendag di Jakarta, Kamis (4/3/2021). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri. (ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Kamis (4/3) yang masih menarik untuk disimak, mulai dari mayoritas wilayah Indonesia berzona oranye COVID-19, kemudian Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tak khawatir terhadap varian baru virus corona, hingga aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Berikut berita-berita tersebut:

1. Sebagian besar wilayah Indonesia berzona oranye

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan peta zonasi risiko terkini menunjukkan sebagian besar wilayah di Indonesia berzona oranye atau memiliki risiko sedang.

"Per tanggal 28 Februari 2021 bahwa jumlah zona oranye di Indonesia ada 277 kabupaten/kota atau lebih dari 50 persen dari total 514 kabupaten/kota. Keadaan ini harus segera diperbaiki," ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Sebagian besar wilayah Indonesia berzona oranye

2. Presiden Jokowi imbau masyarakat tak khawatir varian baru virus Corona

Presiden Joko Widodo mengimbau agar masyarakat tidak khawatir dengan ditemukannya varian baru virus Corona B117.

"Saya mengimbau kepada bapak, ibu, saudara semua untuk tidak khawatir karena ditemukannya dua kasus positif dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B117," kata Presiden Jokowi dalam "channel" YouTube Sekretariat Presiden yang disiarkan pada Kamis malam.

Baca juga: Presiden Jokowi imbau masyarakat tak khawatir varian baru virus Corona

3. Luhut ungkap 9 wilayah rawan gempa bumi yang perlu diwaspadai 2021

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ada sembilan wilayah potensi gempa bumi yang perlu diwaspadai pada tahun 2021, termasuk Selat Sunda-Banten serta Lembang, Jawa Barat.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Jakarta, Kamis, kesembilan wilayah tersebut, yaitu Mentawai, Bengkulu-Lampung, Selat Sunda-Banten, Selatan Bali, Sulawesi Utara-Laut Maluku, Aceh, Sorong, Matano dan Lembang.

"Ini harus kita waspadai semua," katanya.

4. Sebanyak 2.286.123 orang Indonesia telah divaksinasi

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan, sebanyak 2.286.123 orang Indonesia telah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama atau bertambah 181.156 orang dari hari sebelumnya.

Sementara orang yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua bertambah sebanyak 23.819 orang atau total menjadi 1.100.228 orang. Sementara target sasaran vaksinasi sebanyak 40.349.051 orang dan sasaran vaksinasi tenaga kesehatan sebanyak 1.468.764 orang.

5. Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran sejauh 1,2 Km

Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, Kamis, mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 1.200 meter ke arah barat daya.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida melalui keterangan resminya menyebutkan awan panas guguran terjadi pada pukul 03.57 WIB.

"Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 38 mm dan durasi 123 detik," kata Hanik.

Baca juga: Gunung Merapi luncurkan awan panas guguran pada Kamis malam

Baca juga: Gunung Merapi 12 kali meluncurkan guguran lava


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden tinjau vaksinasi seniman dan budayawan di Jakarta​​​​​​​

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar