Kulit mudah berjerawat, hindari lima makanan ini

Kulit mudah berjerawat, hindari lima makanan ini

Ilustrasi wajah berjerawat (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Makanan memainkan peran utama dalam menjaga kulit tetap sehat, jika makanan yang Anda konsumsi sembarangan maka akan terpancar melalui wajah.

Menggunakan produk dan melakukan perawatan kulit yang rutin memang akan membuat wajah terlihat bersinar, namun hal ini tidak akan terjadi jika usus Anda tidak sehat.

Tanda kulit yang tidak sehat adalah kusam, kering dan berjerawat dan kemunculan jerawat biasanya dipicu oleh faktor eksternal bersama dengan mengkonsumsi asupan gula berlebih, makanan olahan, atau garam yang lebih tinggi.

Baca juga: Cuci muka dengan sabun setiap ganti masker demi hindari jerawat

Dr. Geetika Mittal, seorang dermatologi dari India mengatakan darah terdiri dari hormon yang disebut IGF-1 atau faktor pertumbuhan mirip insulin, yang juga ditemukan dalam produk susu.

Hormon ini berkontribusi pada perkembangan jerawat dengan membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan meningkatkan produksi sebum.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah, dilansir Indian Express, Sabtu.

Cokelat

Sesekali menikmati sebatang coklat tidak menimbulkan jerawat. Namun, menurut sebuah penelitian di Australia, cokelat diketahui dapat meningkatkan respons insulin tubuh yang pada gilirannya menyebabkan jerawat.

Edamame/kacang kedelai Jepang

Alasan mengapa makanan ini tidak cocok untuk semua orang adalah karena mengandung estrogen dalam jumlah tinggi yang dapat memicu jerawat, terutama pada mereka yang sudah memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi di tubuh mereka. Tidak hanya itu, komponen ini juga mengurangi sebagian besar penyerapan vitamin.

Makanan cepat saji berminyak

Makanan kaya lemak atau minyak seperti burger, pizza, soda dan lainnya dapat meningkatkan risiko kulit berjerawat. Sebab makanan seperti itu mengubah tingkat hormon yang ada di tubuh kita yang berubah menjadi jerawat.

Baca juga: Siapa saja yang bisa kena "jerawat kelamin"?

Makanan manis

Pemanis seperti sirup maple atau karbohidrat olahan dengan cepat diserap oleh tubuh. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula, dan karenanya menyebabkan timbulnya jerawat.

Gluten

Ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan biji-bijian lainnya, gluten adalah sekelompok protein. Meskipun tidak ada bukti atau penelitian konstruktif bahwa gluten memicu jerawat, sebaiknya hindari jika Anda memiliki alergi gandum atau penyakit celiac, di mana lapisan dalam perut meradang.




Baca juga: Jangan konsumsi makanan manis berlebihan kalau tak mau jerawatan

Baca juga: Makanan penangkal jerawat

Baca juga: Cara mengatasi jerawat pada garis rahang

 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar