Peluncuran ini juga dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA khususnya di jalur selatan yang selama ini hanya dilayani oleh KA Gajayana..
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan Kereta Api (KA) Kertanegara yang melayani rute Purwokerto-Malang pergi-pulang (pp) pada 10 Maret 2021.

"Peluncuran ini juga dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA khususnya di jalur selatan yang selama ini hanya dilayani oleh KA Gajayana relasi Gambir-Malang pp," kata Plt Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono melalui keterangan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Peluncuran, kata dia, akan dilaksanakan di Stasiun Purwokerto pada 10 Maret 2021, pukul 18.20 WIB.

Baca juga: Ini cara Daop 5 Purwokerto tarik minat masyarakat gunakan kereta api

"Perjalanan KA Kertanegara dijadwalkan akan berhenti di Stasiun Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malangkotalama sampai dengan tiba di Stasiun Malang pada pukul 03.06 WIB," katanya.

Sementara jadwal perjalanan KA Kertanegara relasi Malang-Purwokerto, kata dia, berangkat dari Stasiun Malang pada pukul 08.20 WIB dan akan berhenti di Stasiun Malangkotalama, Kepanjen, Wlingi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, serta tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 17.17 WIB.

Ia juga mengatakan akan memberlakukan tarif khusus pada KA Kertanegara pada relasi tertentu, di antaranya Purwokerto-Yogyakarta tarifnya hanya Rp110.000 untuk kelas eksekutif dan Rp65.000 untuk kelas ekonomi.

Baca juga: KAI wajibkan penumpang memakai masker di stasiun maupun kereta api

Selain itu, kata dia, relasi Purwokerto-Solo Balapan dengan tarif khusus Rp130.000 untuk kelas eksekutif dan Rp75.000 untuk kelas ekonomi, sedangkan dari Purwokerto dengan tujuan Kutoarjo tarifnya sebesar Rp55.000 untuk kelas eksekutif dan Rp35.000 untuk kelas ekonomi.

Pelanggan yang berangkat dari Stasiun Kutoarjo tujuan Yogyakarta cukup membayar Rp45.000 untuk kelas eksekutif dan Rp25.000 untuk kelas ekonomi

"Demikian pula untuk relasi Kutoarjo-Solo Balapan, cukup membayar Rp75.000 untuk kelas eksekutif dan Rp45.000 untuk kelas ekonomi," katanya.

Hendra mengatakan pemesanan tiket KA Kertanegara untuk keberangkatan tanggal 10 Maret 2021 dan seterusnya sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan PT KAI (Persero).

Baca juga: Penumpang keluhkan gangguan cetak tiket mandiri di Stasiun Purwokerto

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021