Tren dan peluang bisnis 2021 yang harus diketahui UMKM

Tren dan peluang bisnis 2021 yang harus diketahui UMKM

Tokopedia. ANTARA/HO-Tokopedia.

Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak UMKM di Indonesia, termasuk di platform e-commerce. Berdasarkan data Tokopedia, ada peningkatan jumlah penjual dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, “Tokopedia berkomitmen mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting.”

Dia membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.

Baca juga: Aktivitas rayakan Hari Kasih Sayang secara aman saat pandemi

Baca juga: Primadona selama pandemi: kopi literan, tteokbokki & pisang goreng


Makanan dan Minuman
Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.

“Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras,” jelas Ekhel.

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020,” tambah Ekhel.

Kecantikan dan Perawatan Tubuh
Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020.

Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

Tanaman dan Alat Berkebun
“Berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021,” ungkap Ekhel.

Produk Olahraga
Menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. Ekhel menambahkan, “Beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.”

Alat Lukis
Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020. “Ini juga bisa jadi peluang usaha,” tutup Ekhel.

Baca juga: Telkomsel perluas kemitraan untuk pemberdayaan UMKM

Baca juga: Pemerintah beri KUR untuk wirausaha alumni Kartu Prakerja

Baca juga: Tokopedia luncurkan TokoMart dengan fitur "geo-tagging"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dorong UMKM naik kelas melalui transformasi digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar