Liga Inggris

Tren gemilang City berakhir di tangan MU dalam Derbi Manchester

Tren gemilang City berakhir di tangan MU dalam Derbi Manchester

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol tendangan penalti ke gawang Manchester City dalam Derbi Manchester lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Minggu (7/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Laurence Griffith)

Jakarta (ANTARA) - Tren gemilang Manchester City berakhir di tangan rival sekotanya, Manchester United, yang memenangi Derbi Manchester 2-0 dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Penalti Bruno Fernandes yang disusul gol Luke Shaw memastikan MU meraih tiga kemenangan beruntun di Etihad untuk pertama kalinya sejak 2000, sekaligus menyudahi tren 21 kemenangan beruntun City di semua kompetisi.

Hasil tersebut memelihara asa MU dalam perburuan gelar juara Liga Inggris, membawa tim besutan Ole Gunnar Solskjaer kembali ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 54 poin atau 11 poin persis di bawah City yang menduduki puncak, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Fernandes tak terima dikritik bermain buruk lawan Enam Besar

Pertandingan dibuka dengan cara terburuk oleh City, ketika Gabriel Jesus yang membantu pertahanan timnya malah ceroboh menjegal Anthony Martial di dalam area terlarang.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Fernandes yang mengeksekusi penalti dan kendati kiper Ederson Moraes bisa menebak arah tendangan, laju bola tak terhenti ke dalam gawang City.

City berusaha bangkit segera memberi balasan, tetapi tembakan Riyad Mahrez masih mudah diamankan kiper Dean Henderson.

Pada menit ke-23, Raheem Sterling menjatuhkan diri di bawah tekanan Fren di dalam kotak penalti MU, tetapi wasit Anthony Taylor mengabaikan klaim penalti dan menyuruh penyerang timnas Inggris itu lekas bangkit berdiri.

Keunggulan MU bertahan hingga turun minum dan City hampir membalas pada menit ke-48 jika saja tembakan Rodri Hernandez tak membentur mistar gawang.

Dua menit kemudian, justru MU yang berhasil menggandakan keunggulan mereka saat Shaw membantu serangan Setan Merah dan menyelesaikan umpan Marcus Rashford untuk menaklukkan Ederson.

Baca juga: Manchester United utamakan cari striker baru
Baca juga: Guardiola merendah, City tak mungkin terus-terusan tak terkalahkan


Pada menit ke-68, Martial membuang sia-sia kesempatan bagus situasi satu lawan satu dengan Ederson dan tembakannya mengarah tepat ke kiper asal Brazil itu sebelum John Stones menyapu bola muntah.

Sebaliknya, Sterling gagal menyelesaikan umpan silang matang kiriman Kyle Walker ketika tendangannya malah menyapu angin di muka gawang pada menit ke-79.

MU terus menjaga keunggulan mereka dan pada menit keenam injury time Henderson melakukan penyelamatan atas tembakan Mahrez demi memastikan timnya bukan hanya menang tetapi juga membukukan catatan nirbobol.

City selanjutnya akan main pada Rabu (10/3) menjamu Southampton, sedangkan MU baru tampil pada Minggu (14/3) menghadapi West Ham United di Old Trafford.

Namun, tiga hari sebelum itu, MU akan memainkan leg pertama babak 16 besar Liga Europa melawan AC Milan.

Baca juga: Liverpool dipaksa Fulham telan enam kekalahan beruntun di Anfield
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Leicester salip MU jelang Derbi Manchester

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar