Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku belum puas dengan performa penyerangnya Kushedya Hari Yudo meski pemain berusia 27 tahun itu membukukan satu gol dan satu assist dalam dua laga uji coba terakhir.

Yudo mengirim assist untuk gol Muhammad Rafli saat laga kontra Tira Persikabo pada Jumat (5/3) dan dua hari berselang, penyerang Arema FC itu menjebol gawang Bali United kala timnas menang 3-1.

Atas penampilan itu, Osvaldo Haay melontarkan pujian untuk Yudo, yang dinilainya sebagai penyerang bagus dan sarat pengalaman.

"Kami baru pertama kali bermain bersama dan dia banyak membantu saya," kata Osvaldo selepas laga kontra Bali United di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Timnas Indonesia raih kemenangan kedua, taklukkan Bali United 3-1

Namun, Shin memilih tidak melontarkan pujian untuk Yudo dan memberikan sejumlah pekerjaan rumah soal berbagai aspek penampilan yang masih bisa diperbaiki.

"Yudo sudah bekerja keras dalam latihan tetapi masih harus meningkatkan power-nya," ujar Shin.

Kemudian, sang juru taktik asal Korea Selatan juga menilai penyerang klub Arema FC itu masih kurang ganas di wilayah lawan.

Shin pun meminta Yudo untuk lebih agresif demi menarik perhatian pemain lawan. Karena jika demikian, maka gelandang-gelandang timnas memiliki ruang yang cukup untuk menciptakan peluang gol.

"Yudo harus bergerak lebih agresif sehingga gelandang yang sedang mencari ruang kosong di pertahanan lawan akan lebih banyak mendapatkan peluang," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Baca juga: Shin Tae-yong: Performa timnas membaik
Baca juga: Shin: Timnas belum terbiasa dengan formasi 4-4-2


Terakhir, dia juga meminta Yudo dan semua pemain timnas untuk terus menjaga dan meningkatkan kondisi fisik.

Perkara fisik ini memang menjadi salah satu momok Shin selama menangani timnas Indonesia. Apalagi saat ini kondisi diperburuk dengan berhentinya kompetisi sepak bola akibat pandemi COVID-19.

"Semua pemain mesti membuat kondisi mereka lebih fit supaya kualitas timnas Indonesia menjadi lebih baik," kata Shin.

Selain Shin, penampilan Kushedya Yudo juga mendapatkan komentar dari penyerang timnas Osvaldo Haay yang memberinya assist untuk gol ke gawang Bali United.

Baca juga: Shin Tae-yong minta pemain timnas belajar dari Adam Alis
Baca juga: Osvaldo Haay ingin bermain di luar negeri selepas dari Persija


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021