Jakarta (ANTARA) - Saham Inggris naik pada awal perdagangan hari Senin, didorong oleh kenaikan saham pertambangan dan energi, mengikuti harga komoditas yang lebih tinggi, sementara pelonggaran karantina wilayah juga mengangkat sentimen.

Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,5 persen, dengan saham pertambangan, termasuk Rio Tinto, Anglo American dan BHP, naik antara 0,9 persen hingga 1,2 persen.

Produsen minyak BP dan Royal Dutch Shell juga termasuk di antara yang naik terbesar karena lonjakan harga minyak mentah.

Pembukaan kembali sekolah di Inggris untuk semua murid pada hari Senin akan menandai langkah pertama kembali menuju normalitas dan hal itu hanya mungkin terjadi karena upaya masyarakat untuk menurunkan tingkat infeksi COVID-19, kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Baca juga: Saham Inggris berakhir negatif, Indeks FTSE 100 tergerus 0,31 persen

Indeks FTSE 250 mid-cap yang berfokus pada saham-saham domestik naik 0,6 persen, dipimpin oleh saham produk konsumen non-primer (bukan bahan pokok).

Saham Senior Plc naik 1,8 persen, bahkan ketika pemasok suku cadang pesawat Inggris itu mengalami kerugian tahunan, terkena gangguan terkait COVID-19 pada perjalanan penerbangan dan krisis Boeing 737 MAX.

Perusahaan asuransi jiwa Phoenix naik 1,8 persen, setelah membukukan kenaikan 48 persen laba operasi tahunan, tertolong oleh pembelian bisnis ReAssure milik Swiss Re Inggris tahun lalu.

Baca juga: Saham Inggris akhir pekan jatuh, tertekan naiknya imbal hasil obligasi

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021