Sekolah dijadikan tempat vaksinasi warga lansia di Jakarta Timur

Sekolah dijadikan tempat vaksinasi warga lansia di Jakarta Timur

Petugas kesehatan melayani warga lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di ruang kelas Taman Kanak-Kanak Al Muhazirin, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Senin (8/3/2021). ANTARA/Andi Firdaus.

Jakarta (ANTARA) - Satu sekolah taman kanak-kanak dijadikan sebagai tempat vaksinasi COVID-19 guna mendekatkan pelayanan vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.

Pada Senin, empat ruang kelas di sekolah taman kanak-kanak Al Muhazirin di Kelurahan Pondok Kopi dijadikan sebagai tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi 1.950 warga lansia.

Sekolah itu dipilih sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi warga lansia karena lokasinya mudah dijangkau, minim undakan, dilengkapi dengan pendingin ruangan, dan berdekatan dengan Rumah Sakit Islam Pondok Kopi.

"Ini memang menjadi permintaan warga, sebab vaksinasi yang dilaksanakan di puskesmas selalu penuh dan jauh juga dari permukiman kami. Kasihan kalau lansia harus ada di situasi begitu," kata Sekretaris RW 09 Kelurahan Pondok Kopi, Endang Sukmana.

Menurut Endang, Dinas Kesehatan DKI Jakarta sudah memastikan kondisi sekolah memenuhi persyaratan sebagai tempat pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Misalnya vaksin ini kan tidak boleh berada di suhu luar ruangan. Vaksin ini harus dijaga pada temperatur 2 sampai 8 derajat Celsius agar tetap maksimal hasilnya," katanya.

Ia mengatakan bahwa dua ambulans juga disiagakan di kompleks sekolah yang menjadi tempat pelayanan vaksinasi bagi warga lansia.

Selain itu, ia melanjutkan, ruang tunggu warga lansia peserta vaksinasi dan kerabat yang mengantar disediakan di pelataran parkir dan lapangan sekolah.

Guna meminimalkan risiko penularan virus, penyelenggara pelayanan vaksinasi mengatur jarak tempat duduk di ruang tunggu serta mengatur alur pelayanan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Irawan mengatakan bahwa sasaran pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia di Kelurahan Pondok Kopi sebanyak 1.950 orang dari 11 lingkungan rukun warga.

"Ini merupakan yang perdana kita gelar di Jakarta Timur dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti sekolahan," kata Indra.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia di Pondok Kopi dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB pada Senin (8/3), Selasa (9/3), Kamis (11/3), dan Jumat (12/3). Pada Rabu (10/3) pelayanan vaksinasi ditiadakan karena ada kegiatan siswa di sekolah.

Indra mengatakan bahwa Dinas Kesehatan sudah memastikan fasilitas umum yang dijadikan sebagai tempat pelayanan vaksinasi memenuhi syarat.

"Kita bawa boks pendingin untuk menjaga suhu vaksin tetap di kisaran 2 sampai 8 derajat Celsius. Kita juga buat layout sesuai aturan yang ada. Kita awasi betul prosesnya, hingga kita siapkan juga mini ICU yang didukung RS Yadika dan Pondok Kopi," katanya.

Baca juga:
Kemenkes gandeng Halodoc siapkan fasilitas lantatur vaksinasi untuk lansia

Satgas imbau lansia periksa kesehatan sebelum vaksinasi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Festival Vaksin di Palu hingga vaksinasi 500 orangtua siswa SPN Kalteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar