menginginkan agar pemerintah terus memperjuangkan dengan sekuat tenaga  untuk tidak melepas wilayah tersebut
Nunukan (ANTARA) - Masyarakat di tiga desa  Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang saat ini masih berstatus outstanding boundary problems (OBP)  dengan Malaysia, menyatakan tetap setiap kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketiga desa yang dimaksud tersebut adalah Desa Tetagas, Lipaga, dan Kabungolor statusnya saat ini masih abu-abu atau belum memiliki kepastian masuk NKRI atau Negeri Sabah, Malaysia. Namun masyarakat adat setempat menolak apabila hasil perundingan akhir nantinya dinyatakan bergabung dengan Malaysia.

Baca juga: Pemkab Nunukan minta arahan pemerintah pusat soal penegasan OBP

Ketua Adat Syuku Dayak Tahol, Kalpianus Kilik di Nunukan, Selasa menyatakan dengan tegas menolak untuk bergabung dengan Malaysia karena  nenek moyangnya  sangat mencintai NKRI.

Kalpianus menyatakan jumlah penduduk pada ketiga desa itu mencapai 100 keluarga dan menolak apabila diajak bergabung dengan Malaysia.

Pria yang mengaku putra asli dari ketiga desa di Kecamatan Lumbis Hulu yang masih berstatus OBP ini menginginkan agar pemerintah terus memperjuangkan dengan sekuat tenaga  untuk tidak melepas wilayah tersebut.

Baca juga: Banjir 1 meter, transportasi perbatasan RI-Malaysia alami macet total

Ia mengungkapkan patok perbatasan yang dipasang sejak penjajahan Belanda dan Inggris belum pernah berubah dan masyarakat adat telah mengakui bahwa tapal batas itulah yang sah memisahkan kedua negara bertetangga ini.

Kalpianus yang juga Ketua Lembaga Adat Tahol Kabupaten Nunukan ini berpendapat Pemerintah Indonesia juga telah membangun ketiga desa ini dengan memberikan bantuan dana desa (DD) sejak 2016. Ini membuktikan bahwa Pemerintah Indonesia mengakui ketiga desa adalah wilayah NKRI dan Malaysia pun tidak pernah keberatan atas pembangunan yang dilakukan selama ini.

Ketua Adat Dayak Tahol ini sangat mengharapkan pemerintah Indonesia memperjuangkan dengan maksimal agar ketiga desa di Kecamatan Lumbis Hulu ini tidak lepas dari genggaman NKRI.

Baca juga: DPD RI minta Satgas Pamtas RI-Malaysia bersinergi jaga perbatasan

"Apapun yang terjadi NKRI adalah negara kami dan kami menolak untuk bergabung dengan Malaysia," tegas Kalpianus.

 Bahkan masyarakat pada tiga desa tersebut sangat yakin bahwa patok perbatasan antara Indonesia-Malaysia yang sudah ada sekarang menjadi acuan dalam pengukuran tapal batas nantinya.

Pewarta: Rusman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021