Jakarta (ANTARA) - PT Eurokars Motor Indonesia (PT. EMI) selama tahun 2020 masih berharap besar dengan penjualan dari Mazda CX-5 yang menghasilkan penjualan terbanyak dari kendaraan Mazda di Indonesia.

Head of Sales PT Eurokars Motor Indonesia, Dedy Kurniawan Saputro mengungkapkan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang menantang untuk Mazda dan juga industri otomotif di Indonesia bahkan dunia.

"Salah satu backbone Mazda di Indonesia selama tahun 2020 yang lalu itu adalah Mazda CX-5 yang memberikan kontribusi terbesar," ungkap Dedy Kurniawan secara virtual, Selasa.

Dia juga mempertegas bahwa selama tahun 2020, Mazda CX-5 mencatat penjualan ritel sebanyak 2.611 dan sampai habis terjual di pasaran karena mobil ini sangat digemari oleh konsumen Indonesia.

"Sampai saat ini, unit dari Mazda CX-5 sudah tidak ada lagi, alias sold out," jelas dia.

Baca juga: Mazda CX-3 edisi 100th hadir hanya 70 unit di Australia

Baca juga: Mazda CX-30 mobil terbaik 2020 di Thailand


Dalam hal ini, PT EMI baru saja meluncurkan varian terbaru dari New Mazda CX-5, dengan melakukan penyegaran di bagian mesin dengan menghadirkan tiga pilihan varian yaitu, Touring, GT dan ELITE.

"Penyegaran pada SUV terlaris kami ini akan menyuguhkan keunggulan efisiensi yang menguntungkan bagi konsumen New Mazda CX-5. Selain itu, khusus varian GT, kami juga memberikan fitur baru yang akan menyuguhkan kesenangan berkendara lebih sporty," ujar Managing Director PT. EMI, Ricky Thio.

New Mazda CX-5 yang dijual di Indonesia akan menggunakan mesin bensin SKYACTIV-G 4-silinder 2,5 Liter yang menghasilkan tenaga maksimum 190 PS dan torsi puncak 251 Nm. Penyegaran pada mesin ini mampu meningkatkan tenaga 4 PS lebih tinggi dan juga Torsi 6 Nm lebih tinggi dari mesin terdahulu.

Teknologi yang canggih juga tersemat pada mesin yang baru ini, yang memungkinkan mesin mobil tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Mode ini akan bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tidak ketinggalan fitur i-Stop, fitur canggih yang akan menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti, sesuai beban kerja mesin yang akan semakin menambah efisiensi bahan-bakar.

Pada varian GT, hadir pula beberapa penyegaran seperti penggunaan paddle shift di balik lingkar kemudi untuk meningkatkan kesenangan berkendara. Selain itu, masih ada penggunaan smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto.

Mobil ini juga hadir dengan fitur unggulan Active Driving Display (head-up display) yang dapat menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya, Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), serta layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci.

Selain mode tersebut, seluruh New Mazda CX-5 juga mendapatkan layar sistem infotainment yang lebih besar, dari sebelumnya 7 inci menjadi 8 inci. Layar infotainment ini menjadi pusat pengaturan MZD Connect termasuk sistem audio premium BOSE® dengan 10 buah speaker, lengkap dengan surround sound system Centerpoint 2 dan ambient noise compensation AudioPilot 2® yang sudah dapat terintegrasi dengan smartphone.

Untuk melengkapi itu semua, New Mazda CX-5 kini dilengkapi dengan penggunaan material baru pada bagian plafon yang diklaim mampu meningkatkan kesenyapan kabin. Tampilan lebih segar di dalam kabin disuguhkan oleh penggunaan aksen "metal woods" di beberapa bagian interior.

Pada bagian luar, mobil ini memiliki riasan baru yang mencolok seperti penggunaan warna velg silver mengkilat yang menjadikan tampilan luar lebih menarik. Terakhir, sebagaimana didapatkan oleh model New Mazda6 sebelumnya, New Mazda CX-5 ini juga mendapatkan model kunci terbaru dari Mazda yang disebut "7-G Models Key-fob".

Mazda CX-5 – GT juga hadir dengan warna baru nan elegan, yaitu Titanium Flash, dengan nuansa warna baru ini menjadikan Mazda CX-5 memiliki lebih banyak warna pilihan yang tersedia bagi pencinta SUV ini.

PT EMI menawarkan New Mazda CX-5 dengan banderol harga Rp555.8 juta untuk varian GT on the road Jakarta.

Baca juga: Mazda CX-9 AWD hadir dengan dua pilihan penggerak

Baca juga: New Mazda CX-3 punya dua tipe "facelift"

Baca juga: Eurokars Indonesia rilis Mazda All-New CX-9 versi AWD
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021