Jakarta (ANTARA) - Sparta Rotterdam mencuri tiga poin penuh dari markas VVV Venlo seusai menang 1-0 dalam laga tunda pekan ke-21 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Covebo, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kemenangan Sparta dihasilkan lewat gol bunuh diri yang dicetak oleh Kristopher da Graca berusaha menghalau tembakan Lennart Thy tetapi bek VVV itu malah menyarangkan bola ke gawang timnya sendiri.

Sparta yang menyudahi catatan nirmenang delapan pertandingan beruntun untuk sementara naik ke urutan ke-12 klasemen dengan koleksi 27 poin.

Sedangkan VVV (22), yang kini menelan enam kekalahan beruntun, tak beranjak dari posisi ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda: Ajax jaga jarak enam poin atas PSV

Sparta punya peluang untuk meraih keunggulan lebih awal tiga menit jelang turun minum, tetapi tembakan Abdoulrahmane Harroui masih belum cukup menaklukkan kiper Thorsten Kirschbaum.

Sebaliknya, VVV berusaha mengancam lewat tembakan jarak jauh Vito van Crooij yang masih bisa diamankan kiper Maduka Okoye tujuh menit memasuki babak kedua.

Okoye lantas melakukan dua penyelamatan lain atas tembakan jarak jauh Josua John dan sepakan Van Crooij dari tepian kotak penalti.

Selepas unggul, Sparta berpeluang mengunci kemenangan lebih awal jika saja tembakan Thy tak mengarah tepat ke pelukan Kirschbaum.

Lantas semenit kemudian, peluang Jeffrey Fortes dihalau oleh barisan pertahan VVV sebelum membentur tiang gawang.

Okoye melakukan satu penyelamatan penting lainnya pada injury time untuk mementahkan peluang Torino Hunte sekaligus memastikan Sparta menang atas tuan rumah 1-0.

Sparta akan main lebih awal untuk pertandingan selanjutnya ketika menjamu RKC Waalwijk pada Sabtu (13/3), sedangkan VVV baru tampil sehari berselang menghadapi Fortuna Sittard.

Baca juga: Ajax mantap di puncak setelah tundukkan Groningen
Baca juga: Feyenoord berondong gawang VVV Venlo enam gol tanpa balas

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021