Polda Kalbar bentuk Brigade Pengendali Karhutla

Polda Kalbar bentuk Brigade Pengendali Karhutla

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto, Rabu, membentuk Brigade Pengendali Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) dalam mengantisipasi dan menanggulangi Karhutla di provinsi itu.  ANTARA.

Pontianak (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto, Rabu, membentuk Brigade Pengendali Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) dalam mengantisipasi dan menanggulangi karhutla di provinsi itu.

"Pasukan yang terdiri dari 538 personel Polri ini dinamai Brigade Pengendali Karhutla," kata R Sigid Tri Hardjanto saat memimpin apel gelar pasukan di halaman Mapolda Kalbar di Pontianak

Dia menjelaskan, apel kesiapan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel yang akan menjadi penjuru utama dalam mengatasi terjadinya karhutla di wilayah Provinsi Kalbar.

Baca juga: Pemprov Kalbar kantongi identitas dua perusahaan pembakar lahan
Baca juga: Guru besar IPB: Penyelesaian karhutla butuh komitmen semua pihak


Kapolda Kalbar menambahkan, selain memberikan pemahaman, edukasi dan penjelasan kepada masyarakat, pihaknya (Brigade Pengendali Karhutla) juga membiasakan atau mengantisipasi agar api tidak berkembang menjadi besar.

"Upaya kami bagaimana tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan menggencarkan sosialiasi kepada masyarakat agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Dia menyebutkan, bahwa pasukan ini nantinya yang akan menjadi garda terdepan dalam menangani permasalahan karhutla, mulai dari melakukan sosialisasi pencegahan hingga turun ke titik hot spot untuk melakukan pemadaman karhutla.

"Kita ketahui bersama karhutla ini merupakan perhatian dunia, jangan sampai wilayah kita menyumbang asap, dan apa yang dilakukan ini sebagai langkah antisipasi bersama," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji, mengatakan pihaknya sudah menetapkan status siaga darurat karhutla mengingat semakin banyak kebakaran lahan yang terjadi di provinsi itu.

Sutarmidji juga meminta daerah-daerah di Kalbar segera menetapkan siaga karhutla dan kabut asap. "Saya sudah meminta kabupaten/kota untuk segera menetapkan siaga darurat kabut asap," katanya.

Baca juga: APP Sinar Mas optimalkan program kemitraan DMPA cegah karhutla
Baca juga: Jet tempur F-16 ikut patroli karhutla di Riau

Pewarta: Andilala
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Masuki kemarau, Kalsel siaga atasi kebakaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar