Kami berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia, menyelamatkan jiwa, dan berupaya menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia secara aman
Jakarta (ANTARA) - Amerika Serikat (AS) mendukung pengiriman vaksin COVID-19 melalui fasilitas berbagi vaksin global COVAX bagi Indonesia, sebanyak 1,1 juta dosis yang telah tiba di Indonesia pada Senin (8/3).

Pengiriman vaksin produksi AstraZeneca tersebut adalah yang pertama dari total 11,7 juta dosis vaksin yang rencananya akan diterima Indonesia dari COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), bagian dari inisiatif global untuk mendukung akses yang setara terhadap vaksin COVID-19.

“COVID-19 telah membuktikan bahwa negara-negara menjadi lebih kuat ketika menghadapi pandemi global bersama-sama, dibandingkan dengan melakukan tindakan sendiri-sendiri,” kata Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Heather Variava dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: Biden janjikan Rp56,3 triliun untuk COVAX
Baca juga: Inggris siap salurkan surplus vaksin untuk negara berkembang via COVAX


AS baru-baru ini memberikan komitmen dana awal sejumlah 2 miliar dolar (Rp28,9 triliun) dari total 4 miliar dolar (Rp57,7 triliun) yang direncanakan untuk COVAX AMC. Komitmen tersebut diklaim telah menjadikan AS sebagai penyumbang tunggal terbesar untuk respons nasional terhadap COVID-19.

Sementara Indonesia merupakan negara ketiga penerima vaksin COVID-19 melalui fasilitas COVAX di Asia Tenggara, setelah Filipina dan Kamboja.

Kontribusi AS terhadap COVAX AMC melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), akan mendukung pembelian dan pengiriman langsung vaksin COVID-19 yang aman dan efektif untuk penduduk yang paling rentan dan berisiko di 92 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Sebagian dari kontribusi ini juga akan mendukung kesiapan dan pelayanan vaksinasi yang lebih luas di negara-negara tersebut.

“Melalui dukungan kepada Aliansi Vaksin GAVI, Amerika Serikat bekerja dengan mitra dan pemerintah di seluruh dunia untuk memberikan vaksin kepada populasi yang rentan, menjangkau mereka yang tidak memiliki pilihan lain, dan membantu memastikan bahwa tidak ada di antara kita yang harus menghadapi tantangan ini sendirian,” tutur Variava.

Hingga saat ini, AS telah memberikan komitmen senilai 11 juta dolar (Rp158,7 miliar) untuk mendukung upaya Indonesia menurunkan penularan COVID-19, meningkatkan pemeriksaan dan pengobatan, serta memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang pandemi agar semua orang terlindungi.

AS juga menyumbangkan 1.000 ventilator yang saat ini digunakan di lebih dari 600 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia, menyelamatkan jiwa, dan berupaya menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia secara aman,” kata Variava, menutup pernyataannya.

Baca juga: Dubes Jerman sambut baik ketibaan vaksin COVAX di Indonesia
Baca juga: UNICEF dukung vaksinasi Indonesia agar kegiatan anak kembali normal


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021