TNI AD turun langsung terkait dengan penanganan hingga pemulihan pascagempa bumi
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan prajurit yang bertugas di lokasi bencana sama berjasanya seperti prajurit yang berangkat ke daerah operasi.
 
"Kami membantu masyarakat Indonesia supaya yang membutuhkan pertolongan mendapat bantuan dari kehadiran prajurit TNI AD dan bantuan-bantuan untuk mereka," kata Jenderal TNI Andika Perkasa dalam keterangan pers di Jakarta Rabu.
 
Kasad mengatakan ketersediaan makanan maupun distribusinya agar sampai ke lokasi bencana dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang menjadi korban juga membutuhkan dedikasi dari personel TNI.
 
Hal itu seperti saat kejadian bencana yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia beberapa waktu lalu, seperti Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: Kasad renovasi puluhan rumah prajurit jadi lebih layak huni
 
TNI AD turun langsung terkait dengan penanganan hingga pemulihan pascagempa bumi di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. TNI AD juga terlibat penanggulangan bencana banjir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
Para prajurit terlatih bersama seluruh staf Angkatan Darat secara terorganisir dipersiapkan untuk membatu dan meringankan kesulitan yang dihadapi masyarakat di lokasi bencana.
 
TNI AD mengirimkan logistik, obat-obatan, peralatan medis, alat-alat berat serta alat-alat untuk mendirikan rumah sakit lapangan untuk mendukung penanganan dan pemulihan di lokasi bencana.
 
Dukungan TNI AD tidak hanya ketika bencana terjadi, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa pernah mengatakan bahwa setelah gempa di Provinsi Sulawesi Barat, TNI AD siap terus mengawal pemulihan.

Baca juga: Istri Kasad motivasi prajurit yang kini tak berdaya karena stroke

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021