Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Laoly mengingatkan para pejabat di kementerian yang dipimpinnya untuk senantiasa menunjukkan kemampuan dan prestasi kerja serta menggunakan dasar hukum yang jelas dalam mengambil keputusan.

"Saya minta kepada para pimpinan tinggi yang dilantik hari ini untuk bekerja sesuai jalur. Gunakan dasar hukum yang jelas dalam bekerja dan mengambil keputusan," kata dia saat memberi sambutan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sejumlah pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kemenkumham Jakarta, Rabu.

Ia meminta para pejabat untuk menunjukkan kinerja masing-masing termasuk menggunakan kemampuan manajerial, kolaborasi, dan sinergi yang dimiliki.

Baca juga: Yasonna: Kinerja Kemenkumham sepanjang 2020 aman terkendali

Termasuk pula memperluas wawasan masing-masing, menjalin komunikasi dan koordinasi yang kuat antara satu dengan lainnya serta yang paling penting ialah terus menjaga integritas.

"Kualitas kerja itu penting, tetapi integritas adalah yang paling utama," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna melantik Komjen Andap Budhi Revianto sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham. Andap sebelumnya menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal dan merangkap tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen menggantikan Bambang Rantam Sariwanto yang memasuki masa pensiun.

Adapun posisi Inspektur Jenderal yang ditinggalkan Andap kini ditempati oleh Razilu yang sebelumnya merupakan Staf Ahli Menkumham Bidang Ekonomi.

Yasonna mengatakan jabatan yang diamanahkan kepada Andap dan Razilu itu strategis dan punya tanggung jawab besar. Apalagi, posisi Sekjen ialah sebagai motor penggerak kinerja di Kemenkumham, sementara Irjen berperan melakukan pengawasan dan menjadi pengendali internal kinerja kementeriannya.

Baca juga: Yasonna minta jajaran Kemenkumham kerja ikhlas hadapi tantangan 2021

"Selamat kepada Pak Andap dan Pak Razilu, semoga saudara mampu bersinergi dan berkolaborasi menjadi motor penggerak roda Kemenkumham," kata menteri yang juga politisi PDI-P tersebut.

Di satu sisi, ia mengakui tugas yang diemban Andap sebagai Sekjen tidak mudah. Namun, dengan pengalaman yang dimiliki, ia percaya amanah tersebut dapat dijalankan dengan baik.

Kemudian, pekerjaan rumah terbesar Razilu sebagai Irjen adalah memperbaiki kompetensi dan integritas para auditor sehingga ke depannya mampu memperbaiki kualitas hasil audit, review dan evaluasi.

Sehingga pada akhirnya fungsi "quality assurance" atau jaminan mutu dapat berkualitas dan berdampak positif bagi kemajuan Kemenkumham.

Selain itu, Yasonna juga melantik Nugroho sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama, sejumlah kepala kantor wilayah Kemenkumham serta sederet direktur lainnya.

Baca juga: Menkumham Yasonna fokus empat capaian kinerja pada 2021

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021