Jakarta (ANTARA) - Yamaha merayakan 60 tahun partisipasi mereka di balapan Grand Prix dengan memamerkan livery special motor YZR-M1 di sesi tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada Rabu.

Test rider Yamaha Cal Crutchlow mendapat kehormatan untuk mengendarai M1 yang dibalut livery dengan warna ikonik merah dan putih Yamaha yang juga ditujukan untuk menghormati para pebalap Yamaha di masa lalu dan sekarang.

Perjalanan Yamaha di balap Grand Prix dimulai pada 1961, ketika tim Yamaha yang memiliki lima pebalap, termasuk Fumio Ito dan Taneharu Nogushi, terbang ke Eropa dengan membawa mesin 250cc in-line twin RD48 dan 125cc silinder tunggal RA41 untuk menjalani debut di kejuaraan dunia.

Balapan pertama mereka adalah Grand Prix Prancis, yang menjadi seri ketiga di kalender saat itu.

Baca juga: Rossi awali petualangan baru bersama Petronas
Baca juga: Quartararo tercepat di hari kedua tes pramusim MotoGP di Qatar


 

"Kami ingin mengucapkan rasa syukur kami kepada para fan, sponsor dan pemasok atas dukungan dan semangat mereka, juga kepada banyak pebalap dan para pendahulu yang telah berjuang dengan dedikasi tinggi untuk pencapaian luar biasa bersama selama 60 tahun partisipasi kami di Road Racing World Championship," kata general manager, divisi pengembangan motorsport Yamaha Motor Hiroshi Ito seperti dikutip laman resmi Yamaha.

"Sejak tahun lalu, infeksi COVID-19 telah melanda dan mempengaruhi dunia. Situasi ini masih berat.

"Di balik itu, kami mengumumkan pada Februari tahun ini bahwa kami akan lanjut berpartisipasi di Kejuaraan Dunia untuk lima tahun ke depan, mulai 2022 hingga 2026.

"YZR-M1 yang bertemakan hari jadi ke-60 ini berarti lebih dari sekedar tonggak sejarah dan melihat kembali jejak para pendahulu kami.

"Ini adalah tanda tekad kami untuk memiliki hasrat yang tiada duanya, percaya pada kekuatan olahraga balap, dan menghadirkan kegembiraan kepada dunia."

Baca juga: Honda belum beri tanda kapan Marquez akan kembali balapan
Baca juga: Mir merasa dirinya bukan favorit juara di MotoGP 2021


Yamaha akan mengadakan sejumlah kegiatan dan inisiatif sepanjang musim 2021 untuk merayakan capaiannya tersebut.

Crutchlow, yang mengemban tugas sebagai test rider mulai tahun ini menggantikan Jorge Lorenzo, terpukau dengan warna baru motornya dan bernostalgia.

"Tak bisa dibayangkan paddock MotoGP tanpa Yamaha, mereka adalah pemain kunci berkat visi dan dedikasi bersama dari banyak pebalap, engineer, dan staf.

"Saya memulai karier MotoGP saya di tim satelit Yamaha.

"Saya juga ikut merayakan hari jadi ke-50. Hadir di kedua capaian penting bagi Yamaha ini terasa spesial.

"Setelah tujuh tahun pergi saya kembali ke Yamaha sebagai test rider, dan saya sangat menikmati pengalaman ini.

Baca juga: Morbidelli menatap musim yang "luar biasa" bareng Rossi
Baca juga: Para pebalap jagoan AHM siap harumkan nama bangsa pada 2021

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021