Liga Champions

Imbang leg kedua, PSG singkirkan Barca dari Liga Champions

Imbang leg kedua, PSG singkirkan Barca dari Liga Champions

Kiper Paris Saint-Germain Keylor Navas (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mementahkan eksekusi penalti megabintang Barcelona Lionel Messi dalam leg kedua 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu (10/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Franck Fife)

Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain melangkah ke perempat final Liga Champions setelah menahan imbang Barcelona 1-1 dalam leg kedua 16 besar di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu waktu setempat.

Penalti Kylian Mbappe membawa PSG memimpin sebelum Lionel Messi membalas bagi Barca, tetapi skor imbang sudah cukup bagi Le Parisien mengunci tiket perempat final dengan kemenangan agregat 5-2, demikian catatan laman resmi UEFA.

Barcelona yang tiba dengan beban membalikkan ketertinggalan 1-4 berusaha membongkar barisan pertahanan PSG, tetapi beberapa peluang bagus yang mereka ciptakan melalui Ousmance Dembele dan Sergino Dest berhasil diredam oleh penampilan gemilang kiper Keylor Navas.

Tuan rumah justru unggul lebih dulu pada menit ke-30 melalui eksekusi penalti Mbappe setelah wasit Anthony Taylor mengabulkan gugatan Mauro Icardi yang mengklaim dirinya dilanggar oleh Clement Lenglet.

Baca juga: Pochettino enggan dibayangi hantu remontada Barcelona

Gol itu membuat Mbappe  menjadi pemain termuda yang mencapai 25 gol dalam Liga Champions sepanjang masa dalam usia 22 tahun 80 hari, menggeser Messi yang sebelumnya menggenggam rekor itu dalam usia 22 tahun dan 286 hari.

Barca berusaha segera membalas tetapi Dembele membuang peluang bagus pada menit ke-35, beruntung dua menit kemudian Messi menghidupkan asa Blaugranas lewat gol indahnya ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau upaya penyelamatan Navas.

Barca lantas mendapat hadiah tendangan penalti pada masa-masa terakhir babak pertama setelah Kurzawa dianggap melanggar Antoine Griezmann. Tetapi Messi membuang kesempatan itu ketika eksekusi penaltinya bisa ditebak dan dimentahkan oleh Navas.

Baca juga: Jelang leg kedua PSG vs Barca, Koeman tegaskan tidak ada yang mustahil

Barcelona yang melepaskan tak kurang dari 16 percobaan tembakan sepanjang babak pertama berusaha menggebrak pertahanan tuan rumah lagi selepas turun minum, tetapi peluang bagus baru lahir pada menit ke-61 ketika tembakan Messi membentur kerumunan pemain di kotak penalti PSG.

Navas kembali unjuk kebolehan ketika kesigapannya menggagalkan sundulan tajam Sergio Busquets di area tiang dekat pada menit ke-70.

Dalam 20 menit terakhir pertandingan tampak berlangsung satu arah dengan Barca terus menyerang pertahanan PSG, tetapi gagal mencetak satu gol pun hingga laga usai.

PSG menyusul Borussia Dortmund, Porto dan Liverpool yang juga lolos ke perempat final dan akan mengetahui lawan mereka ketika pengundian dilakukan 19 Maret setelah seluruh rangkaian pertandingan 16 besar rampung.

Baca juga: Liverpool melaju berkat Salah dan Mane bobol gawang Leipzig lagi
Baca juga: Sukses singkirkan Juve, Sergio Conceicao: inilah DNA Porto
Baca juga: Dwigol Halland mantapkan langkah Dortmund ke perempat final

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar