... selama ini ditunda bagi mereka yang berusia 65 tahun ke atas karena kurangnya bukti untuk menentukan keefektifan vaksin AstraZeneca,
Seoul (ANTARA) - Korea Selatan akan memperluas penggunaan vaksin anti corona AstraZeneca pada orang-orang yang berusia 65 tahun ke atas dalam mempercepat gerakan imunisasi, kata Perdana Menteri Chung Sye-kyun pada pertemuan pemerintah, Kamis.

Korsel sudah mulai menjalankan vaksinasi sejak minggu terakhir Februari, yang dimulai pada kalangan petugas kesehatan dan orang lanjut usia.

Namun, lebih dari 370.000 orang yang berusia di atas 65 tahun di panti-panti wreda dikecualikan selama ini dari program penyuntikan vaksin anti COVID-19. Alasannya, Korsel belum mendapatkan data uji klinis yang cukup terkait kelompok usia tersebut.

Baca juga: Intelijen Korsel sebut Korut coba mencuri teknologi vaksin Pfizer
Baca juga: Korsel kurangi target vaksinasi, batasi penggunaan vaksin AstraZeneca


Data dari Inggris saat ini menunjukkan bahwa vaksin AstraZeneca serta Pfizer/BioNTech, setelah diberikan sebanyak satu suntikan, lebih dari 80 persen efektif dalam mencegah orang di atas usia 80 tahun dirawat inap karena COVID.

"Vaksinasi selama ini ditunda bagi mereka yang berusia 65 tahun ke atas karena kurangnya bukti untuk menentukan keefektifan vaksin AstraZeneca. Tetapi baru-baru ini, data yang membuktikan kemanjurannya bagi orang lanjut usia sudah diterbitkan di Inggris," kata Chung.

Vaksin Oxford-AstraZeneca bagi tujuh juta orang lagi akan diluncurkan mulai minggu terakhir Mei, ia menambahkan.

Otoritas kesehatan saat ini menyesuaikan jarak waktu pemberian antara dosis awal dan dosis penguat menjadi 10 minggu --dari sebelumnya delapan minggu. Langkah itu diambil sejalan dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia, kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA) melalui pernyataan.

KDCA mengatakan 500.635 orang pada Rabu (10/3) telah menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca atau Pfizer-BioNTech.

Korea Selatan pada Rabu melaporkan 465 kasus baru COVID-19, sehingga totalnya menjadi 94.198 kasus dengan 1.652 kematian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korsel vaksin 18.000 orang, awali kampanye ambisius lawan COVID-19
Baca juga: Korsel sebut distribusi vaksin sebagai langkah pertama kembali normal

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021