dioperasikannya Tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia segmen junction Tanjung Mulia-Marelan, maka akan mengurangi kepadatan kendaraan yang akan melintas di Gerbang Tol Tanjung Mulia.
Medan (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sekitar 6.000 kendaraan akan masuk melalui Gerbang Tol Tanjung Mulia-Marelan, menyusul terintegrasinya ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) ke ruas Tol Medan-Binjai.
 
"Dengan terkoneksinya tiga ruas tol ini, diperkirakan rata-rata perhari 6.063 kendaraan yang masuk dari Tol Tanjung Mulia menuju Binjai," kata Division Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT) Teddy Rosady usai peresmian ruas tol Medan-Binjai seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) segmen junction Tanjung Mulia-Marelan dilakukan di Gerbang Tol Marelan, Kamis.
 
Ia mengatakan, dengan mulai dioperasikannya Tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia segmen junction Tanjung Mulia-Marelan, maka akan mengurangi kepadatan kendaraan yang akan melintas di Gerbang Tol Tanjung Mulia.
Baca juga: Tol Medan-Binjai Seksi I Tanjung Mulia-Marelan resmi beroperasi
Baca juga: Hutama Karya operasikan Tol Medan Binjai seksi 1 Tanjung-Mulia
Peresmian Ruas Tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia segmen Tanjung Mulia-Marelan dilakukan di Gerbang Tol Marelan, Kamis. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
 
"Kepadatan di Gerbang Tol Tanjung Mulia ini akan berkurang signifikan. Karena sekitar 20 persen lalu lintas akan langsung menuju ke arah Binjai," katanya.
 
Ruas Tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia segmen Tanjung Mulia-Marelan sepanjang 4,2 kilometer resmi dioperasikan sejak Kamis.
 
Ruas tol ini terintegrasi dengan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).
Baca juga: Waskita Toll Road divestasikan 30 persen saham Tol Medan-Tebing Tinggi
Baca juga: Tol Kuala Tanjung-Parapat dibangun, permudah akses Medan ke Danau Toba
 
Integrasi ketiga ruas tol ini sejalan dengan telah keluarnya ijin operasi Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) segmen junction Tanjung Mulia-Marelan sepanjang 4,2 kilometer, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tanggal 3 Maret 2021.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021