Jakarta (ANTARA) - Facebook Inc akan mengizinkan para pembuat konten di platformnya untuk mendapatkan pendapatan dari video pendek melalui iklan, kata jejaring sosial itu pada Kamis (11/3).

Dilansir Reuters, Jumat , pengumuman itu muncul di blog, di mana perusahaan merinci rencananya untuk membantu pembuat konten menghasilkan lebih banyak uang, karena pesaing teknologi lainnya juga berlomba untuk menarik tokoh media sosial terkenal.

Pemilik Snapchat, Snap Inc, telah membayar 1 juta dollar AS per hari kepada pembuat konten yang membuat video pendek viral pada fiturnya yang disebut Snapchat Spotlight.

Twitter baru-baru ini juga mengumumkan akan meluncurkan "Super Follows," yang memungkinkan pengguna mengenakan biaya kepada pengikut untuk konten eksklusif.

Facebook mengatakan pembuat konten sekarang dapat memperoleh pendapatan iklan dari video sesingkat satu menit.

Facebook juga akan mulai menguji iklan yang terlihat seperti stiker, yang dapat digunakan pembuat konten di Cerita Facebook mereka untuk mendapatkan uang.

Lebih banyak pembuat sekarang dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan pendapatan iklan dari video streaming langsung di Facebook, yang sebelumnya merupakan program khusus undangan.

Raksasa media sosial itu mengatakan juga akan memberikan 7 juta dollar AS dalam bentuk Facebook Stars gratis, yang dapat dibayarkan pengguna kepada pembuat konten di Facebook Live sebagai bentuk pemberian tip.

Baca juga: Facebook uji coba fitur di India untuk bagikan Reels Instagram di feed

Baca juga: Facebook cabut larangan iklan politik di Amerika Serikat

Baca juga: Facebook kalah di sidang gugatan privasi untuk fitur pengenalan wajah

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021