Tokyo (ANTARA) - Kasus virus corona di wilayah Tokyo menunjukkan tanda-tanda peningkatan, ujar Menteri Kesehatan Jepang Norihisa Tamura pada Jumat, menurut Kyodo News,

Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang apakah keadaan darurat dapat dicabut sesuai jadwal pada 21 Maret.

Pemerintah Jepang pekan lalu memperpanjang deklarasi darurat untuk Tokyo dan tiga prefektur lainnya selama 14 hari, dengan mengatakan kasus COVID-19 belum turun cukup jauh, sementara varian virus corona baru yang lebih menular menjadi ancaman.

Pembatasan seperti jam kerja yang lebih pendek untuk restoran dan bar telah membantu mengurangi kasus baru di Tokyo hingga kira-kira sepersepuluh dari puncak 2.520 kasus pada 7 Januari.

Baca juga: Vaksin COVID terbuang di Jepang akibat kerusakan mesin pendingin
Baca juga: Tokyo minta China hentikan tes anal COVID-19 terhadap warga Jepang


Namun angka tersebut jauh dari target Gubernur Tokyo Yuriko Koike untuk membawa rata-rata tujuh hari, menjadi 70 persen dari minggu sebelumnya.

Rata-rata tujuh hari kasus baru di Tokyo telah terjebak di pertengahan hingga tertinggi 200 sejak akhir Februari, sementara hitungan harian melebihi 300 untuk hari kedua berturut-turut pada  Kamis.

Tokyo - dan Jepang - berlomba untuk mengendalikan kasus virus corona dan vaksinasi berjalan dengan baik saat bersiap menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas, yang dimulai 23 Juli.

Kampanye inokulasi COVID-19 Jepang dimulai hanya bulan lalu dengan petugas kesehatan dan telah bergerak lambat karena terhambat oleh kurangnya pasokan.

Negara tersebut sejauh ini mencatat sekitar 441.000 kasus virus corona dan 8.400 kematian.

Menteri Kesehatan Tamura mengatakan keputusan tentang apakah keadaan darurat dapat dicabut di wilayah Tokyo, yang menyumbang sekitar 30 persen dari populasi Jepang, pada akhirnya akan dibuat setelah mendengarkan pandangan para ahli, Kyodo melaporkan.

Sumber : Reuters

Baca juga: Terumo Jepang ciptakan jarum suntik tujuh dosis untuk vaksin Pfizer
Baca juga: Riset Jepang: Dua lapis masker hanya beri sedikit manfaat

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021