Tumpukan sampah rintangi jalur transportasi sungai di Banjarmasin

Tumpukan sampah rintangi jalur transportasi sungai di Banjarmasin

Para petugas bersihkan sampah sungai Martapura di bawah jembatan Pangeran Antasari. ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin

harus bersinergi dengan semua daerah yang dialiri sungai besar ini
Banjarmasin (ANTARA) - Tumpukan sampah di Sungai Martapura, terutama di bawah jembatan Pangeran Antasari dan jembatan Pasar Lama telah menutup jalur transportasi sungai sehingga Pemkot Banjarmasin menurunkan belasan petugas kebersihan.

Pelaksana harian Wali Kota Banjarmasin H Mukhyar di Banjarmasin, Jumat, mengatakan, sampah besar datang ke Sungai Martapura di Banjarmasin sudah sepakan ini, jumlahnya sangat besar hingga membuat gundukan besar ranting kayu dan bambu tersangkut di bawah jembatan Pangeran Antasari dan jembatan Pasar Lama.

"Malam tadi kami turunkan petugas untuk membuka pampangan besar itu, karena transportasi sungai tidak bisa melewatinya," papar Mukhyar.

Pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin ini mengatakan, kondisi sampah di bawah jembatan Pangeran Antasari atau samping pasar Sudimampir, contohnya, hampir 100 persen menutupi permukaan sungai.

"Sampahnya kumpulan barang kayu dan ranting, juga sampah macam-macam lainnya, sulit diurai," ujarnya.

Baca juga: Sampah terus mengalir ke Sungai Martapura di Banjarmasin
Baca juga: Hamparan sampah kembali menutup sebagian permukaan Sungai Martapura


Dia menyatakan, penanganan sampah besar di bawah jembatan itu terpaksa manual dengan menurunkan selusin petugas kebersihan, sebab kapal sapu-sapu yang biasa membersihkan sampah Sungai Martapura tidak mampu untuk menangani sendiri.

Sampah itu yang datang dari hulu sungai karena Sungai Martapura di wilayah Banjarmasin posisinya paling hilir.

"Karena besarnya sampah yang datang dan tersangkut di bawah jembatan itu tidak mungkin cepat diangkat, hingga sebagian besar dihanyutkan lagi," bebernya.

Baca juga: Banjarmasin siaga antisipasi aliran sampah ke Sungai Martapura
Baca juga: Bagian Sungai Martapura di Banjarmasin hadapi serbuan sampah


Mukhyar berharap, dengan dilakukan pembersihan tersebut di malam hari, pada siang harinya perairan sudah bersih dari sampah tersebut dan bisa dilalui masyarakat pengguna transportasi sungai.

"Kami berharap, besok pagi sudah bisa dilalui untuk transportasi sungai, walaupun belum sepenuhnya bisa dibersihkan, tetapi paling tidak bisa dilalui oleh transportasi sungai," ujarnya.

Mukhyar mengungkapkan, penanganan sampah besar di Sungai Martapura ini memang rutinitas dilakukan, apabila air sungai cukup tinggi datang dari bagian hulu sungai.

"Memang penanganan masalah sampah di Sungai Martapura ini harus bersinergi semua daerah yang dialiri sungai besar ini, Banjarmasin tidak mampu sendiri," pungkasnya.

Baca juga: Banjar siapkan kapal pengangkut sampah di Sungai Martapura
Baca juga: Sudah sepekan DLH Banjarmasin berjibaku atasi sampah pascabanjir

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar