Gaya hidup sehat dimulai dari cara memasak

Gaya hidup sehat dimulai dari cara memasak

GreenPan Open Fry Pan dan sutil Greenpan (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Beralih ke gaya hidup sehat bukan hanya dengan mengonsumsi pilihan makanan yang sehat, namun juga bagaimana cara mengolah dan menyajikan makanan tersebut.

 Meski makanan yang sehat banyak disarankan dalam bentuk mentah ataupun rebus, namun sebagai orang Indonesia adalah penyuka makanan yang digoreng.

Menilik kondisi ini, GreenPan kemudian hadir dengan keunggulan sebagai alat masak yang sehat dan aman. Greenpan hadir dengan aneka ragam jenis alat masak mulai dari panci model saucepan dan casserole, hingga wajan model wok dan fry pan.

Baca juga: Konsistensi, kunci Sophie Navita ajari anak makan sehat

Baca juga: Apa itu "Intermittent fasting"?


GreenPan dirancang dengan menggunakan teknologi induksi magneto yang menghantarkan panas secara merata dan cepat dengan penggunaan semua jenis kompor (gas, listrik, induksi) sehingga memasak dengan GreenPan dapat menghemat energi.

Dalam panduan resminya, produsen Greenpan menyatakan bahwa GreenPan terbuat dari material alami, yakni pasir alami sebagai bahan utama yang diubah menjadi bentuk sol-gel (merubah pasir alami menjadi larutan sehingga tidak memerlukan bahan kimia yang berbahaya dan mengandung racun). Larutan sol-gel ini disemprotkan ke seluruh lapisan wajan GreenPan tanpa lem atau zat aditif.

Memasak dengan GreenPan menjadi sangat sehat dan aman karena ketika dipanaskan secara berlebihan, GreenPan tidak mengeluarkan gas beracun. Ketika GreenPan tergores, tetap aman untuk digunakan karena material yang terbuat dari pasir alami.

Wajan datar yang populer
Salah satu unggulan dari rangkaian Greenpan adalah wajan antilengket yang menggunakan material Ceramic ThermolonTM. Jenis ini tentu menjadi paling populer untuk kalangan masyarakat Indonesia yang senang menumis serta menggoreng, namun tetap ingin hidup sehat.
Memasak telur mata sapi tanpa minyak dan sosis menggunakan alat masak dari Greenpan (ANTARA)


Menjadi lebih sehat, karena pengguna cukup menggunakan setengah atau bahkan sepertiga minyak dari yang biasa digunakan. Sebagai contoh, telur mata sapi yang dimasak tanpa minyak tetap dapat menyebar dengan rata dan tidak lengket sama sekali.

Wajan Greenpan ini dijuluki GreenPan open fry pan karena bisa melakukan lebih dari sekadar wajan. Jenis makanan lembut yang mudah hancur seperti tahu dapat dimasak dengan fry pan atau wajan bawah datar tanpa menghancurkan potongannya, karena material anti lengketnya.

Selain itu, wajan datar GreenPan ini juga bisa digunakan dalam oven hingga suhu 160 derajat celcius.

Cara merawat alat masak Greenpan sama seperti merawat alat masak antilengket pada umumnya. Setiap kali memasak sebaiknya menggunakan mode api yang kecil untuk memanaskan, dan mode api sedang ketika bahan makanan sudah dimasukkan. Selain itu gunakanlah spatula berbahan silicon atau kayu dan hindari yang berbahan besi supaya lapisan pelindung di dasar fry pan ini tidak terkikis.

Selesai memasak, wajan diletakkan sampai tidak panas, baru kemudian dicuci dengan spons lembut menggunakan air hangat yang telah dicampur sabun. Sementara untuk penyimpanan, jika ingin ditumpuk beri lapisan kain di atas wajan agar aman dan tidak tergores wajan lain.

GreenPan Open Fry Pan ini bisa didapatkan di Official Store GreenPan pada Shopee dan Tokopedia (GreenPan Indonesia), Sesa.id, blibli.com, JD.id, serta toko organik yang ada di kota Anda.

Baca juga: Tips masak kentang goreng sehat nan lezat bak di resto cepat saji

Baca juga: Batasi makanan berminyak sebelum vaksin

Baca juga: Berat badan sehat, cegah obesitas sambil waspadai mitos berdiet

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pulihkan kebiasaan buruk, TMMD ke 110  KODIM 1011 KLK bangun 20 sanitasi MCK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar