Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di Pasar Induk Banjarnegara, Kamis (11/3).

Kepala Bagian Operasi Polres Banjarnegara, Komisaris Polisi Sardoyo di Banjarnegara, Jumat, menyatakan, Polres Banjarnegara sebelumnya telah menerjunkan dua kompi personel untuk mengamanakan lokasi dan membantu evakuasi kebakaran yang terjadi di pasar itu.

Ia menjelaskan peristiwa itu pertama kali diketahui pukul 18.15 WIB pada saat dua petugas dari PTT Disperkindakop UMKM Banjarnegara yakni Harsono (48) dan Sujito (59) mendapatkan kabar dari warga mengenai kebakaran.

Baca juga: Tim pemadam kebakaran berhasil padamkan Pasar Kliwon Kudus

"Pada saat petugas jaga yang berada tidak jauh dari TKP diberitahu warga bahwa lantai dua pasar terbakar dan diduga berasal dari kios jajanan anak," katanya.

Baca juga: 24 ruko terbakar di pasar kawasan Terminal Ngabang

Mengetahui hal itu, kata dia, para saksi kemudian berusaha memadamkan api yang sudah mulai membesar dengan alat seadanya. Sekitar pukul 18.45 WIB mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi kebakaran dan berusaha memadamkan dengan dibantu 16 unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Banyumas.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Minggu tewaskan dua orang

"Petugas memasang garis polisi, mengatur lalu lintas dan membantu pemadaman menggunakan mobil meriam air, menjaga bank-bank, toko emas dan elektronik guna mengantisipasi disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab dalam situasi kebakaran," katanya.

Baca juga: Sejumlah kios pedagang di tempat penampungan Pasar Cibadak terbakar

"Kami juga mengimbau warga untuk tidak mendatangi lokasi dan tidak berkerumun mengingat pada saat ini masih masa pandemi Covid-19," katanya.
 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021