Indeks teknologi Hang Seng, yang sensitif terhadap perkembangan hubungan Tiongkok-AS, ditutup turun 2,1 persen
Hong Kong (ANTARA) - Saham Hong Kong jatuh pada Jumat untuk membukukan kerugian mingguan, terbebani oleh pelemahan perusahaan teknologi di tengah kekhawatiran tentang ketegangan terbaru Tiongkok-AS.

Indeks Hang Seng turun 2,2 persen menjadi 28.739,72, sedangkan Indeks China Enterprises turun 1,5 persen menjadi 11.172,95 poin.

Amerika Serikat pada Kamis mengutuk tindakan China yang akan mengubah sistem pemilihan umum di Hong Kong dan memperkirakan pembicaraan "sulit" dengan diplomat top Beijing pada minggu depan.

China kembali memperingatkan Amerika Serikat untuk berhenti mencampuri urusannya, termasuk Hong Kong, kata juru bicara kementerian luar negeri pada  Jumat.

Baca juga: Saham Hong Kong dibuka lebih tinggi, indeks HSI terkerek 0,56 persen

Dikutip dari Reuters, saham pemasok Huawei turun karena pemerintah AS menambahkan batasan baru pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Indeks teknologi Hang Seng, yang sensitif terhadap perkembangan hubungan Tiongkok-AS, ditutup turun 2,1 persen atau turun 23 persen dari rekor tertinggi sepanjang masa yang dicetak pada tiga minggu lalu.

Raksasa game Tencent Holdings turun 4,4 persen pada Jumat.

Perdana Menteri China Li Keqiang membela target pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi lebih dari enam persen tahun ini, dengan mengatakan itu "tidak rendah", dan kebijakan tidak akan dilonggarkan secara dramatis untuk mengejar pertumbuhan yang lebih tinggi.

Target pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah memberi China ruang untuk mengendalikan gelembung pasar, bahkan saat kekhawatiran inflasi meningkat, kata para analis.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,29 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 1,73 persen.

Yuan dikutip pada 6,505 per dolar AS pada 08.24 GMT, 0,16 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya di 6,4945.

Pada penutupan, saham-A China diperdagangkan lebih tinggi 33,91 persen dibandingkan saham-H yang terdaftar di Hong Kong.

Baca juga: Saham Tokyo ditutup naik karena paket bantuan AS dan pelemahan yen
Baca juga: Saham China ditutup lebih tinggi pada Jumat


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021