PPP fokus gaet suara Gen Z di Pemilu 2024

PPP fokus gaet suara Gen Z di Pemilu 2024

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam webinar nasional Ekonomi Sirkular untuk Mendukung Ekonomi Hijau dan Pembangunan Rendah Karbon yang diselenggarakan secara virtual, di Jakarta, Senin (25/1/2021). ANTARA/HO-Bappenas/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa mengatakan PPP fokus menggaet suara Gen Z dan Generasi Milenial pada Pemilu 2024 yang jumlahnya sekitar 60 persen dari total suara pemilih sehingga sejak saat ini telah disiapkan strategi khusus untuk mencapai target tersebut.

"Pemilih di Pemilu 2024 sekitar 60 persen adalah generasi muda yang terdiri dari Gen Z sebanyak 24 persen, dan Generasi Milenial. Gen Z itu baru pertama kali ikut dalam Pemilu dan generasi milenial yang kedua kali ikut pemilu," kata Suharso dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I PPP di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, untuk mencapai target menggaet sebanyak-banyak suara Gen Z dan milenial, PPP telah membentuk 10 departemen di internal partai tersebut yang berisikan anak muda berusia 25 tahun.

Baca juga: PPP gelar Rapimnas konsolidasi menuju Pemilu 2024

Suharso mencontohkan ada Departemen Gen Z Kreatif dan Departemen Karya Milenial, serta masing-masing departemen tersebut memiliki "duta besar" yang memiliki syarat "5G".

"Para duta besar itu harus penuhi kriteria 5G yaitu 'good looking', gaul, 'google student', Gen Z, dan 'genah' yang berarti benar," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suharso mengingatkan para kadernya untuk memperkuat rasa kebanggaan pada partai untuk menjadi penyemangat kerja-kerja politik ke depan.

Dia mengibaratkan PPP sebagai sebuah maskapai penerbangan, kalau memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat maka publik akan memilih maskapai tersebut, bukan yang lain.

Baca juga: Kemenkumham teken SK kepengurusan baru PPP

"Kalau PPP seperti maskapai penerbangan, kami jadi pilihan yang dirindukan masyarakat dan ditunggu kehadirannya. Karena itu 'sense of pride' PPP itu harus muncul dari diri sendiri," katanya.

Hadir dalam pembukaan Rapimnas I PPP tersebut antara lain Ketua Majelis Kehormatan PPP Zarkasih Nur, anggota Majelis Kehormatan PPP Djan Faridz, Ketua Majelis Syariah Mustofa Aqil Siroj, Ketua Majelis Pakar Prijono Tjiptoherijanto, Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa.

Selain itu juga dihadiri para pengurus DPP PPP, pengurus DPW, Badan Otonom (Banom), Fraksi PPP di DPR dan MPR.

PPP menggelar Rapimnas I di Hotel Pullman secara fisik dan virtual pada Jumat-Sabtu (12-13 Maret 2021).

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menjelaskan Rapimnas tersebut sebagai tindaklanjut atas terbitnya SK Menkumham tentang kepengurusan DPP PPP periode 2020-2025 dan langkah konsolidasi internal menuju Pemilu 2024.

Baca juga: 28 PAC PPP se-Kabupaten Lebak resmi dilantik

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres: Parpol hendaknya menjadi kemaslahatan bangsa, bukan kepentingan tertentu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar